Antrean Masuk Pelabuhan Merak Capai 5 KM

Red: Indira Rezkisari

Ahad 03 Jul 2016 05:25 WIB

Ratusan calon pemudik memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (3/7) dini hari. Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini sabtu (2/7) hingga Ahad (3/7). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Ratusan calon pemudik memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (3/7) dini hari. Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan terjadi pada hari ini sabtu (2/7) hingga Ahad (3/7).

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -- Kemacetan cukup parah hingga mencapai sekitar lima km terjadi di sepanjang jalan menuju Pelabuhan Merak, Banten pada Ahad dini hari.

Kemacetan akibat penumpukan kendaraan pribadi itu dimulai dari pintu keluar Tol Merak hingga menuju pelabuhan yang berjarak sekitar lima kilometer. Seorang pemudik, Erizal (60), mengeluhkan panjangnya antrean menuju kapal penyeberangan tersebut. "Ini sudah hampir tiga jam terjebak dalam kemacetan. Sama sekali tidak gerak," kata Erizal.

Ia yang akan pulang kampung halamannya di Pekanbaru itu menjelaskan pihak kepolisian menerapkan sistem buka tutup. "Awalnya kami ingin lewat jalur bawah menuju pelabuhan, tapi dilarang oleh polisi. Begitu masuk lewat jalur atas, langsung dihadang kemacetan," papar dia.

Kemacetan terjadi karena penumpukan kendaraan menuju kapal. Humas ASDP Pelabuhan Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan, sebagian besar pemudik banyak yang melakukan perjalanan pada malam hari. "Akibatnya penumpukan kendaraan banyak terjadi pada malam hari," katanya. Puncak arus mudik di Pelabuhan Merak diperkirakan pada hari ini (3/7).

Terpopuler