Penyebab Nagreg H-4 Lebih Padat dari Tahun Lalu

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Indira Rezkisari

Ahad 03 Jul 2016 03:39 WIB

Jalur Lingkar Nagreg: Kendaraan melintas di kawasan ruas jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (15/6) Foto: Republika/ Yasin Habibi Jalur Lingkar Nagreg: Kendaraan melintas di kawasan ruas jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (15/6)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Komandan Posko Nagreg Rudi Heryadi mengatakan melonjaknya jumlah kendaraan yang melintasi jalur Nagreg pada H-4 Lebaran 2016 ketimbang 2015 itu karena ada perbedaan waktu cuti bersama.

"H-4 tahun lalu itu belum masuk cuti bersama, kalau H-4 yang sekarang kan hari pertama cuti bersama," kata dia, Ahad (3/7) dini hari.  

Karena itu, banyak para pemudik yang memutuskan untuk berangkat ke kampung halamannya pada hari pertama cuti bersama. Waktu cuti bersama Lebaran pada 2016 dimulai pada 2 Juli dan akan mulai masuk kerja lagi pada 11 Juli mendatang.

Total kendaraan yang melintasi jalur selatan Nagreg arah timur pada H-4 Lebaran tahun ini mencapai 123.928 kendaraan. Data Dishub Kabupaten Bandung pada H-4 Lebaran tahun ini menunjukan kenaikan drastis jika dibandingkan total kendaraan pada H-4 Lebaran tahun lalu.

Pada H-4 Lebaran tahun lalu, total kendaraan yang melintasi jalur Nagreg arah timur mencapai 67.203. Persentase kenaikan jumlah kendaraan dari tahun lalu ke tahun ini yaitu 84,41 persen.