ASDP Dirikan Posko Kesehatan di Pelabuhan Merak

Red: Nidia Zuraya

Sabtu 02 Jul 2016 20:46 WIB

Ratusan kendaraan antre untuk memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/7). Foto: Republika/ Raisan Al Farisi Ratusan kendaraan antre untuk memasuki kapal tujuan Bakauheni di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (2/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- PT ASDP Indonesia Ferry mendirikan posko kesehatan di Pelabuhan Merak untuk melayani pemudik yang membutuhkan pertolongan medis saat melakukan perjalanan Merak-Bakauheni.

"Kami mendirikan dua posko kesehatan dari PT ASDP Pusat dan Merak," kata Ketua Koordinator Posko PT ASDP Indonesia Ferry dr Ida di Merak, Jumat (1/7).

Posko kesehatan itu untuk memberikanan layanan kesehatan secara gratis bagi pemudik melalui penyeberangan Merak-Bakauheni. Kebanyakan pemudik mengalami gangguan kesehatan setelah menempuh perjalanan jauh,sehingga ASDP mendirikan dua posko kesehatan.

Para pemudik akan mendapat pemeriksaan kesehatan antara lain tensi darah, gula darah, asam urat, dan obat-obatan jika mengalami sakit. Namun, jika ditemukan kasus kesehatan yang serius, maka petugas posko akan merujuk pemudik ke RSUD di Cilegon.

"Semua posko kesehatan itu dilengkai perlengkapan medis, obat-obatan, peralatan kedaruratan seperti tabung gas dan ambulan," katanya.

Menurut dia, pendirian posko kesehatan pada H-5 atau Jumat (2/7) dan hingga kini baru dikunjungi pemudik sekitar 50 orang. Sebagian besar pengunjung yang diperiksa itu mengalami kelelahan,seperti tensi darah naik dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). "Kami melibatkan pemeriksaan kesehatan itu dua dokter dan enam perawat," katanya.

Salah seorang petugas posko kesehatan, Agus, mengatakan, pihaknya siap selama 24 jam melayani pengobatan medis bagi penumpang mudik Lebaran di penyeberangan Pelabuhan Merak.

 

Terpopuler