Lalu Lintas Tol Cipali Sore Ini Padat Merayap

Rep: Kabul Astuti/ Red: Damanhuri Zuhri

Sabtu 02 Jul 2016 17:04 WIB

Kendaraan mengular menunggu antrean keluar Tol Cipali, Palimanan, Jawa Barat, Jumat (1/7). (Republika/Wihdan Hidayat) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan mengular menunggu antrean keluar Tol Cipali, Palimanan, Jawa Barat, Jumat (1/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, PALIMANAN -- Lonjakan arus lalu lintas masih terjadi di Tol Cikopo Palimanan (Cipali) pada H-4 mudik lebaran 2016. Pengalihan arus lalu lintas ke jalan-jalan arteri sempat dilakukan di GT Sumberjaya terhadap kendaraan yang hendak melintasi GT Palimanan.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto menyatakan kendaraan yang melintas di Tol Cipali arah Jakarta ke Cirebon dan keluar dari GT Palimanan pada H-4 atau Sabtu (2/7) dari pukul 06.00–14.00 WIB (shift 1) tercatat sebanyak  21.750 kendaraan. Angka ini sedikit lebih rendah dibanding periode yang sama pada sehari lalu, Jumat, (1/7) yang tercatat 23 ribu kendaraan.

Meski demikian arus kendaraan diprediksi masih akan terus mengalir memasuki Tol Cipali dari arah Jakarta, sehingga untuk sepanjang hari ini diperkirakan volume kendaraan yang melintas di Tol Cipali ke arah Cirebon dan keluar dari GT Palimanan diprediksi sama atau lebih tinggi dari sehari kemarin. Volume lalu lintas Jumat (1/7) kemarin tercatat total 58.800 kendaraan/hari.

Arus lalu lintas ke arah Cirebon di Tol Cipali saat ini terpantau padat merayap. Dari arah sebaliknya, total kendaraan yang masuk ke gerbang tol Palimanan dari arah Cirebon ke Jakarta sebanyak 6248 kendaraan. Pada saat normal, volume lalu lintas di Tol Cipali dari arah Jakarta ke Cirebon yang keluar dari GT Palimanan atau sebaliknya rata-rata sebanyak 12 ribu kendaraan/hari.

Ekor antrean di GT Palimanan pada siang tadi sempat mencapai 10 kilometer. Polisi Jalan Raya (PJR) memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa pengalihan arus keluar GT Sumber Jaya lewat jalan arteri, kemudian masuk kembali ke Tol Pali Kanci. Akan tetapi, pengalihan arus bersifat situasional. Contra flow juga sempat diberlakukan di KM 187+400 sekitar pukul 13.00, namun sudah kembali normal.

Terpopuler