H-4 Siang, Gerbang Tol Cikarang Utama Padat Kendaraan Mudik

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Bilal Ramadhan

Sabtu 02 Jul 2016 13:18 WIB

Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat Foto: Musiron/Republika Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Pada H-4 lebaran, pagi hingga siang Sabtu (2/7), antrian kendaraan mudik masih mengular di gerbang Tol Cikarang Utama arah Cikampek. Padatnya arus lalu lintas terus terjadi hingga KM 57.

Selain naiknya gelombang kendaraan dari Jakarta, keberadaan rest area di sisi jalur tol juga menyumbang sebab kemacetan. Hal ini dikarenakan banyaknya pengemudi yang memperlambat laju kendaraan untuk masuk ke masing-masing rest area.

Seperti di pintu masuk rest area, 33, 39, dan 57. Ekor antrian kendaraan yang masuk ke rest area masing-masing sampai ke badan tol sehingga membuat arus tersendat. Untuk itu, Jasa Marga dan pihak kepolisian memberlakukan sistem buka tutup pintu masuk rest area.

"Kita berlakukan penutupan agar tidak ada penyempitan lajur akibat antrian ke rest area, sifatnya situasional tergantung kepadatan yang ada," kata  Humas PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto, Sabtu (2/7).

Pantauan Republika.co.id, usai KM 57, kepadatan mulai terurai. Laju kendaraan pun bisa dipacu hingga maksimal 50 km/jam. Lalu lintas semakin lancar ketika mendekati KM 66. Ini disebabkan arus mudik terpecah karena sebagian gelombang kendaraan berbelok ke arah Tol Cipularang.

Situasi lalu lintas ramai lancar ini baru kembali padat mendekati pintu masuk Tol Cipali di gerbang Cikopo. Sebaliknya Tol Cipularang, jalur yang menghubungkan Purwakarta hingga Tol Purbaleunyi lancar tanpa hambatan hingga pintu keluar Cileunyi di Bandung.

Terpopuler