Jalur Mudik Menuju Jateng Via Ciamis-Banjar Ramai Lancar

Red: Agung Sasongko

Sabtu 02 Jul 2016 12:05 WIB

Ciamis Foto: weblo.com Ciamis

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Empat hari sebelum Lebaran jalur selatan Jawa Barat (Jabar) masih lancar. Tidak terjadi kemacetan atau penumpukan volume kendaraan yang cukup lama dan panjang.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Sabtu (2/7) pagi sampai siang, jalur mudik selatan Jabar yang melintasi Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis dan Banjar ramai lancar. Nampak beberapa sepeda motor berplat B membawa barang bawaan melaju dari arah barat ke timur.

Kasi Jaringan Transportasi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Ciamis, Yuyun Yuliawati mengatakan, total jumlah kendaran yang melintasi Kabupaten Ciamis dari arah barat ke timur mencapai 18.161 kendaraan. Jumlah tersebut terhitung sejak Sabtu (2/7) pukul 00.00 WIB sampai 10.00 WIB.

"Sepeda motor yang mendominasi, jumlahnya mencapai 1.754 sepeda motor," kata Yuyun kepada Republika, Sabtu (2/7).

Kemudian, jumlah mobil priadi yang melintasi Ciamis mancapai 676 kendaraan, bus besar 11 dan bus kecil sembilan. Sebaliknya, bus besar lebih banyak yang berangkat dari arah timur ke barat. Jumlahnya mencapai 31 bus ditambah 10 bus kecil. Kemungkinan mereka berangkat dari timur ke barat untuk menjemput para pemudik dari Bandung dan Jakarta.