#PuasaDemiTeman, Aksi YouTuber Ikut Berpuasa

Red: Hazliansyah

Sabtu 02 Jul 2016 11:23 WIB

#PuasaDemiTeman Foto: IST #PuasaDemiTeman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- #PuasaDemiTeman adalah gerakan solidaritas di dunia digital khususnya di YouTube dan Instagram. Gerakan ini adalah sebuah aksi yang dilakukan beberapa YouTuber non-Muslim untuk menunjukkan rasa solidaritas dengan ikut merasakan berpuasa bersama teman-teman Muslim mereka.

Aksi spontan ini pertama kali digagas oleh seorang YouTuber papan atas Chandra Liouw. Ia tak menyangka aksinya itu menarik banyak perhatian dan menginspirasi banyak orang lainnya melakukan hal serupa. Video pertama yang menceritakan tentang aksi ini ditonton lebih dari setengah juta orang dalam satu pekan.

"Ini tidak ada kaitannya dengan kegiatan keagamaan. Ini murni untuk menunjukkan rasa solidaritas dan dukungan pada teman-teman yang sedang berpuasa," ujar Chandra.

Lewat aksinya ini Chandra mendapat banyak manfaat. Selain rasa kebersamaan dan solidaritas, ia mendapat banyak makna selama menjalankan puasa. Terutama dalam hal mengontrol emosi.

Beberapa Youtuber papan atas Indonesia lainnya kemudian terinspirasi dan melakukan aksi serupa seperti Skinny Indonesian 24, Kevin Anggara, Rachel Goddard dan Reza Sadha.

Beberapa pesohor di dunia Instagram juga ramai-ramai membuat video pendek mengenai aksi #PuasaDemiTemen ini. Terbukti dari banyaknya unggahan dengan tanda pagar (hashtag) #PuasaDemiTeman.

Tak kalah dengan Youtube dan Instagram, Twitter pun ramai membicarakan aksi sosial ini. Kerap kali tanda pagar #PuasaDemiTeman menjadi trending topic di Indonesia.