Antrean Kendaraan GT Palimanan Capai 13 Kilometer

Rep: Kabul Astuti/ Red: Winda Destiana Putri

Sabtu 02 Jul 2016 07:08 WIB

Kendaraan mengular menunggu antrean keluar Tol Cipali, Palimanan, Jawa Barat, Jumat (1/7). (Republika/Wihdan Hidayat) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan mengular menunggu antrean keluar Tol Cipali, Palimanan, Jawa Barat, Jumat (1/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, PALIMANAN -- Siapkan kesabaran dan kesehatan Anda. Arus mudik lebaran 2016 sudah memasuki masa puncak. Antrean kendaraan di GT Palimanan Tol Cikopo-Palimanan mencapai KM 175 atau kurang lebih sepanjang 14 kilometer.

Gelombang pemudik kendaraan roda empat mengalir padat di jalan tol Cipali pada Sabtu (2/7). Antrean kendaraan sudah mencapai di KM 175, tepatnya di GT Sumber Jaya.

Akan tetapi, hingga kini masih belum dikeluarkan di GT Sumber Jaya karena laju kendaraan masih dapat berjalan dengan kecepatan lambat.

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan dengan cara mengalihkan kendaraan keluar GT Sumber Jaya apabila nantinya terjadi kemacetan yang cukup serius.

Lalu lintas didominasi oleh mobil-mobil pribadi. Gardu tol dibuka maksimal sebanyak 26 gardu dengan perbandingan 21 gardu ke arah Cirebon dan 5 gardu arah Jakarta. 

Berdasarkan informasi, puncak lonjakan kepadatan arus mudik akan terjadi pada H-5 dan H-4. Sampai Jumat (1/7) kemarin, lonjakan jumlah kendaraan di GT Palimanan sudah empat kali lipat. Pemudik diharapkan dapat menyiapkan uang pas untuk kecepatan transaksi di gerbang tol.

Cuaca di tol Cipali pada pagi hari ini terpantau cukup sejuk. Matahari belum terlihat di langit timur. Para petugas PJR tampak siaga di lokasi. Antrean juga sudah mulai padat di Gerbang Tol Plumbon dari Kota Cirebon yang menuju ke arah jalan tol Cipali. Kepadatan mulai terjadi di KM 188.

(Baca juga: Strategi Gerbang Tol Palimanan Urai Kemacetan)

Terpopuler