H-5, Belum Ada Lonjakan Arus Mudik di Tol Arah Cikopo

Rep: Gilang Prambadi/ Red: Bilal Ramadhan

Jumat 01 Jul 2016 15:35 WIB

Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat Foto: Musiron/Republika Sejumlah kendaraan menuju Jakarta mengantre di Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Meski diprediksi akan terjadi kepadatan jalur mudik karena adanya cuti bersama hari ini, Jumat (1/7) sore, kondisi lalu lintas dari Jakarta ke arah selatan masih normal pada H-5 lebaran. Pantauan Republika.co.id, sejak keluar Tol Cikarang Utama, kondisi Tol Jakarta-Cikampek masih ramai lancar.

Meski setiap ruas tol dipenuhi oleh mobil pribadi dan bus, namun nyaris tidak ada hambatan yang memakan banyak waktu perjalanan di sekitar ruas tol ini. Kondisi lengangnya arus lalu lintas di jalur menuju pintu masuk Tol Cikopo pun tampak lengang.

Demikian pula dengan gelombang kendaraan yang mengarah ke Tol Cipularang, tak ada kemacetan arus lalu lintas terjadi. Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Pudji Hartanto mengatakan, masih lengangnya arus lalu lintas meski memasuki H-5 Lebaran 2016 disebabkan berbagai faktor.

Pertama, ada yang menunggu untuk mudik saat mendekati hari H, antara H-3 hingga H-1. Kedua, berkurangnya volume kendaraan pribadi yang digunakan untuk mudik. "Banyak fasilitas mudik gratis, jadi penggunaan kendaraan pribadi berkurang. Itu ikut membantu kelancaran lalu lintas saat mudik," kata Pudji di Cikarang Utama, Jumat (1/7).

Mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri ini mengatakan, memang sebaiknya pemudik memilih moda tranportasi umum saja untuk pulang ke kampung halaman. Menurut dia, langkah ini sangat membantu terjadinya kelancaran bermudik secara umum. "Itu juga bisa membuat tingkat kecelakaan saat mudik berkurang," kata mantan jenderal bintang dua di korps bhayangkara ini.