Antrean Tol Palimanan Capai 15 Km

Rep: Kabul Astuti/ Red: Winda Destiana Putri

Jumat 01 Jul 2016 14:06 WIB

Kendaraan pemudik melintasi ruas jalan tol Cikopo-Palimanan, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/6). Foto: Antara/M Agung Rajasa Kendaraan pemudik melintasi ruas jalan tol Cikopo-Palimanan, Cikampek, Jawa Barat, Kamis (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PALIMANAN -- Arus mudik Lebaran 2016 sudah mulai memasuki masa puncak. Antrean kendaraan di gerbang Tol Palimanan-Tol Cikopo-Palimanan mencapai 15 kilometer.

Para pemudik yang hendak melintasi Tol Cikopo-Palimanan sebaiknya mulai mengantisipasi kemacetan panjang yang kemungkinan besar akan menahan laju mobil Anda di tengah jalan. Berdasarkan info layanan Tol Cipali, Jumat (1/7), antrean kendaraan di GT Palimanan arah Cirebon sudah di KM 172 atau 15 kilometer dari gerbang tol Palimanan (KM 187).

Volume kendaraan hingga pagi ini sudah mencapai hampir empat kali lipat. Volume kendaraan dari arah Jakarta yang keluar di GT Palimanan (Cirebon, Jawa Barat) pada H-5 tercatat sebanyak 47.003 kendaraan per hari. Angka ini naik 65 persen dari volume sehari sebelumnya yang tercatat 28.400 kendaraan per hari.

Pada saat normal, volume lalu lintas Tol Cipali dari arah Jakarta yang keluar di GT Palimanan rata-rata sebanyak 12 ribu kendaraan per hari. Kondisi cuaca di sepanjang jalur tol terpantau cerah. Arus lalu lintas kendaraan didominasi oleh mobil pribadi.

Puncak kepadatan di gerbang Tol Palimanan pada arus mudik tahun ini diprediksikan dapat mencapai 65 ribu-70 ribu kendaraan per hari.

Untuk mengantisipasi pertambahan volume lalu lintas di Tol Cipali selama musim mudik 2016, LMS telah memperluas gerbang Tol Palimanan dengan menambah jumlah gardu pembayaran dari 11 gardu menjadi 26 gardu.

(Baca juga: Pintu Keluar Tol Palimanan Mulai Padat)

Terpopuler