Waspadai Hujan di Jalur Mudik Jawa Tengah

Rep: s bowo pribadi/ Red: Esthi Maharani

Jumat 01 Jul 2016 13:05 WIB

BMKG BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Hujan dengan intensitas sedang berpotensi menghadang para pemudik yang akan melintas di Jawa Tengah, pada H-6 mudik Lebaran kali ini. Prakirawan Cuaca BMKG Jawa Tengah, Syifa'ul Fuad memprediksi hujan intensitas sedang ini berpotensi turun di wilayah Jawa Tengah bagian barat. Sedangkan hujan dengan intensitas ringan berpotensi turun di wilayah pantai utara (pantura) timur Jawa Tengah dan kawasan tengah (pegunungan) daerah ini.

"Potensi hujan di wilayah Jawa Tengah ini bervariasi, bisa turun pada siang hari hingga menjelang malam hari," kata Fuad, di Semarang, Jumat (1/7).

Ia juga menjelaskan, berdasarkan data cuaca BMKG Jawa Tengah, yang berlaku mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB, ada sejumlah daerah bercuaca cerah dan berawan. Masing- masing meliputi Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganya dan  Sragen.

Selain itu juga Purwodadi, Demak, Ungaran, Temanggung, Kendal, Batang, Kajen, Pemalang, Slawi, Magelang, Surakarta, Salatiga, Semarang, Pekalongan dan Tegal.

Sedangkan wilayah yang berpotensi turun hujan berintensitas ringan meliputi Cilacap, Wonogiri, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara serta  Brebes. Bagi para pemudik yang akan melintas di kawasan dengan potensi hujan, di Jawa Tengah ini agar berhati- hati dengan kondisi jalan basah.

"Termasuk mengantisipasi berbagai hambatan perjalanan jika hujan turun di jalur mudik," tambah Fuad

Terpopuler