Catat, Ini Jalur Alternatif Menuju Jawa Tengah

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Agung Sasongko

Kamis 30 Jun 2016 21:27 WIB

Jalur mudik Foto: ROL Jalur mudik

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kemacetan merupakan masalah yang dihadapi pemudik. Namun, itu bisa disiasati dengan menempuh jalur alternatif. Berikut jalur alternatif menuju Jawa Tengah: 

1. Untuk Pemudik yang akan melintasi Jawa Tengah dan masuk ke Jawa Timur bisa melalui Bantarsari (Brebes) – Ketanggungan – Slawi (Tegal) – Randudongkal (Pemalang) – Bantarbolang – Kebonagung – Wonotunggal – Bawang (Batang) – Sukorejo – Boja (Kendal) – Ungaran – Semarang. kemudian dilanjutkan dari semarang – Gubug (Grobogan) – Godong – Purwodadi – Kunduran – Blora – Cepu – Padangan (Bojonegoro).

2. Untuk mengatasi perbaikan jembatan Sipait Pekalongan, Bisa melalui Comal- Sragi- Bojong, Wiradesa atau bisa juga ke Kedungwuni lanjut ke Doro Pekalongan. Setelah dari Doro Pekalongan bisa lanjut ke Bandar dan masuk ke Bawang (Batang).

3.  Bagi pemudik jurusan Solo Sekitar, setelah keluar tol Pejagan bisa melalui Ajibarang – Purwokerto – Sokaraja – Kaliori – Banyumas – Klampok – Banjarnegara – Wonosobo – Temanggung – Secang – Lingkar Ambarawa – Bawen.

4. Bagi Pemudik  dari Barat yang bermaksud untuk menuju Jawa Tengah bagian selatan bisa melalui Pejagan – Ketanggungan – Prupuk– Bumiayu – Ajibarang – Wangon - Kebumen.

5. Bagi Pemudik dari barat yang bermaksud ke Jawa Timur, setelah melalui Semarang ambil arah Ungaran – Bawen – Salatiga – Boyolali – Kartosuro – Surakarta – Sragen – Mantingan Batas Jatim.

6. Bagi Pemudik dari barat yang bermaksud untuk ke Jawa Tengah bagian tengah bisa melalui Pemalang – Bantarbolang – Randudongkal – Belik – Bobotsari – Purbalingga – Sokaraja/ Klampok. Atau jika sudah sampai Pekalongan bisa menuju Kajen – Kalibening – Wanayasa – Banjarnegara. 

7. Untuk menghindari kemacetan di Kota Semarang bisa melalui Weleri – Sukorejo – Parakan- Temanggung – Kaloran – Bandungan – Lemahabang/Ambarawa jika mau ke Solo sekitar bisa keluar melalui Bawen, atau jika bermaksud ke Jogja maka dilanjut ke Secang – Magelang – Muntilan – Salam.

8. Jalur Pati – Kayen – Purwodadi – Gemolong – Surakarta kemudian bisa melalui Sruwen – Gemolong Palur – Karanganyar – Tawangmangu – Cemorosewu. Atau dari Surakarta – Sukoharjo – Wonogiri – Biting/Bts. Jatim, bisa juga dari wonogiri - Ngadirojo – Giriwoyo - Pacitan.

 

Terpopuler