Polresta Bekasi Siapkan 1.496 Personel Kawal Arus Mudik

Rep: Kabul Astuti/ Red: Ilham

Kamis 30 Jun 2016 18:59 WIB

Jalur mudik di tol Bekasi  barat menuju Cikampek (ilustrasi) Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Jalur mudik di tol Bekasi barat menuju Cikampek (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Kepolisian Resor Kota Bekasi, Jawa Barat, menyiagakan 1.496 personel untuk mengamankan arus mudik lebaran 2016. Sebanyak 14 pos pengamanan, yang terdiri dari 11 pos pengamanan dan 3 pos pelayanan juga didirikan di berbagai ruas persimpangan.

Kepala Satlantas Polresta Bekasi Kota, Komisaris Bayu Pratama menyatakan, personil Polresta Bekasi dikerahkan sebanyak 926 orang digabung dengan instansi lainnya mencapai 1.496 petugas. Untuk pos pengamanan, Polresta Bekasi mendirikan 14 pos yang terdiri dari tiga pos pelayanan dan 11 pos pengamanan.

Selain itu, sarana prasarana kendaraan, traffic cone, rubber cone, dan rambu portabel sudah siap 100 persen. Kondisi kendaraan polisi juga sudah siap beroperasi.

"Traffic cone dan rubber cone sudah siap untuk digunakan sebagai managemen mekanisme rekayasa lalu lintas. Termasuk rambu-rambu portabel sudah siap untuk ditempatkan di titik-titik yang dibutuhkan," kata Bayu, kepada Republika.co.id, Kamis (30/6).

Ia menyatakan, rambu-rambu portabel yang disiapkan dari Polresta Bekasi ditambah Dinas Perhubungan Kota Bekasi total sebanyak 60 rambu portabel. Adapun total traffic cone, relling, dan rubber cone gabungan dari Dinas Perhubungan dan Polresta sebanyak 500 unit yang akan digunakan sebagai sarana pembatas jalan.

Di sepanjang jalan arteri yang menjadi jalur lintasan pemudik, pihak kepolisian membangun pos pengamanan, tenda pengaturan, dan satu titik check point. Seluruh pos pengamanan akan diawaki personil kepolisian selama 1x24 jam.

Bayu menambahkan, terdapat dua titik pos pengamanan yang bisa menjadi tempat masyarakat beristirahat sembari cek kesehatan untuk memastikan masyarakat siap bepergian jauh.