Kendaraan Mudik Lebaran Diprediksi Naik 10 Persen

Rep: Crystal Liestia/ Red: Karta Raharja Ucu

Kamis 30 Jun 2016 19:08 WIB

Pemudik (ilustrasi) Foto: Republika/ Wihdan Pemudik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Nono Sudarno memprediksi volume kendaraan mudik di Kabupaten Tangerang saat arus mudik Lebaran 2016 meningkat sekitar 10 persen ketimbang tahun lalu.

"Karena jumlah pemilik kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun roda empat saat ini meningkat," tuturnya kepada Republika.co.id, Kamis (30/6).

Nono menjelaskan seperti misalnya perusahaan-perusahaan di Kabupaten Tangerang yang mengadakan mudik bersama dengan karyawan-karyawannya semakin menurun pada tahun ini. Hal itu menurut dia karena tingkat pendapatan bertambah sehingga mereka yang biasa menggunakan fasilitas mudik bersama beralih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik Lebaran.

Di Kabupaten Tangerang, ujar Nono, dari tahun sebelumnya terdapat lima hingga tujuh perusahaan yang mengadakan mudik bersama, kini hanya ada dua perusahaan yang sudah pasti mengadakan mydik bersama dengan karyawannya.

Kedua perusahaan itu adalah PT LG dan PT PT Asia dwimitra industri (Adi), yang berlokasi di Legok. Menurut dia kedua perusahaan tersebut rutin setiap tahun mengadakan mudik bersama.

Sementara mengenai penjaminan keamanan bagi pemudik yang memilih moda transportasi bus umum, Dishub Kabupaten Tangerang sudah melakukan pengecekan terhadap beberapa pool dan agen bus yang ada. Mengingat Kabupaten Tangerang tidak memiliki terminal, sehingga pengecekan dilakukan secara random di semua pool bus. Sekitar 33 bus yang dicek dan menurut dia hasilnya baik. "Mudah-mudahan mudik tahun ini lebih baik," katanya.

Terpopuler