H-6 Lebaran, Rest Area Tol Jakarta-Cikampek Masih Lengang

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 30 Jun 2016 18:30 WIB

Seorang pemudik membeli bensin pertamax eceran di rest area jalan tol Cipali Km 86, Jawa Barat, Sabtu (11/7).  (Republika/Raisan Al Farisi) Seorang pemudik membeli bensin pertamax eceran di rest area jalan tol Cipali Km 86, Jawa Barat, Sabtu (11/7). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Arus mudik Tol Jakarta-Cikampek masih terpantau normal pada H-6 Lebaran 2016. Pantauan Republika, kepadatan lalu lintas di ruas tol dari Jakarta hingga Tol Cikarang Utama masih umumnya hari normal.

Masih normalnya arus kendaraan di jalur tol yang mengarah ke Cikampek dan Cipularang ini juga berimbas pada lengangnya rest area di sana. Head Marketing rest area 39 Tol Jakarta-Cikampek, Z.

Tambunan mengatakan, hingga petang ini (Kamis 30 Juni 2016), volume kendaraan yang masuk ke tempat peristirahatan yang ia kelola masih normal seperti hari biasa. "Masih biasa ya, 8.500an mobil yang masuk. Kalau dekat-dekat hari H, tiga kali lipatnya," kata dia kepada Republika.co.id, Kamis (30/6).

Tambunan berujar, adanya peningkatan kepadatan volume kendaraan diprediksi akan terjadi pada mulai Jumat (1/7) malam. Menurut dia, waktu akhir pekan adalah saat para pemudik dari Jakarta mulai meramaikan rest area 39.

"Kalau sejak H-7 biasanya ramai mobil plat Sumatera. Dekat-dekat hari H baru plat-plat B mayoritas yang datang," kata Tambunan.

Demikian juga di rest area 57, tumpukan kendaraan khas masa mudik belum tampak di sini. Tenant Relation rest area 57, Dani, mengatakan, umumnya volume kendaaraan yang masuk baru mengalami peningkatan pada H-3 Lebaran.

"Hari ini sama dengan masa normal, 5-8 ribu mobil. Kalau mudik bisa sampai 30 ribuan," kata dia.

Terpopuler