Waspada Longsor di Lintas Medan-Berastagi

Rep: Issha Harruma/ Red: Esthi Maharani

Kamis 30 Jun 2016 18:22 WIB

Tanah longsor Tanah longsor

REPUBLIKA.CO. MEDAN -- Polda Sumatra Utara mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman longsor di jalan lintas Medan-Berastagi. Sejumlah personel kepolisian pun telah disiagakan di sejumlah titik rawan untuk mengantisipasi ancaman bencana alam tersebut selama musim mudik Lebaran 2016.

"Ada beberapa titik rawan longsor di jalan lintas Medan menuju Berastagi, Karo. Salah satunya di PDAM Tirtanadi," kata Kabid Humas Polda Sumut AKBP Rina Sari Ginting, Kamis (30/6).

Selain itu, Rina mengatakan telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menyiagakan alat berat jika terjadi longsor di kawasan tersebut. Hal ini, lanjutnya, untuk mengantisipasi kemacetan yang mengular akibat kendaraan yang tidak bisa lewat.

"Kita juga sudah antisipasi dan komunikasikan ke Pemda. Jadi manakala bencana alam longsor terjadi, bisa cepat mengambil tindakan," ujar dia.

Rina pun mengimbau para pemudik yang melintas di jalan lintas Medan-Berastagi untuk tertib dan memperhatikan rambu lalu lintas selama berkendara. Pengemudi yang merasa lelah diminta untuk tidak memaksakan berkendara dan beristirahat sejenak di tempat yang tersedia.

Imbauan ini disampaikan mengingat kondisi jalan lintas Medan-Berastagi yang banyak tikungan dan tanjakan sehingga memerlukan kondisi stamina yang prima saat mengemudi di kawasan tersebut.

Terpopuler