LMS Sediakan Beragam fasilitas di Tol Cikopo-Palimanan

Rep: Sonia Fitri/ Red: Dwi Murdaningsih

Kamis 30 Jun 2016 17:13 WIB

Kendaraan memasuki gerbang keluar Palimanan Jalan Tol Cipali, Jawa Barat, Senin (13/7).   (Republika/Raisan Al Farisi) Kendaraan memasuki gerbang keluar Palimanan Jalan Tol Cipali, Jawa Barat, Senin (13/7). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tol Cikopo-Palimanan merupakan salah satu yang paling diandalkan dalam melaksanakan hajatan berjamaah mudik lebaran via darat. Oleh karena itu, operator tol yakni PT Lintas Marga Sedaya (LMS) menyediakan sejumlah fasilitas di samping pembulatan tarif tol dan penyediaan vocher.

"Tersedia delapan Rest Area yang telah beroperasi untuk mendukung kenyamanan para pengguna tol Cipali," kata Tim Komunikasi PT Lintas Marga Sedaya Berliana Elisabeth dalam siaran pers, Kamis (30/6).

Fasilitas tersebut terdiri dari empat rest area Tipe A (besar) yang dilengkapi SPBU. Lokasinya di KM 102 arah Cirebon, KM 102 arah Cikopo, KM 166 arah Cirebon dan KM 164 arah Cikopo. Rest area Tipe B (kecil) juga tersedia sebanyak empat buah. Merela berlokasi di KM 86 arah Cirebon, KM 86 arah Cikopo, KM 130 arah Cirebon dan KM 130 arah Cikopo.

"Untuk rest area selama musim mudik, LMS telah menambah pasokan air bersih serta menambah kapasitas tanki penyimpanan air di rest area tipe B hingga lima kali lipat," ujarnya.

Fasilitas toilet umum juga ditambah untuk mengantisipasi banyaknya pengguna rest area. LMS juga menambah kapasitas parkir kendaraan. LMS juga menambah fasilitas untuk peningkatan aspek keselamatan. Di antaranya memasang wire rope di daerah tikungan untuk mencegah terjadinya kendaraan pindah jalur. LMS juga memasang penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya di beberapa lokasi untuk melengkapi PJU konvensional yang telah terpasang sebelumnya sesuai aturan desain jalan tol.

Petugas "jemput kendaraan" di gerbang Palimanan akan melakukan penjualan vocher ini disamping menyediakan layanan penukaran uang kecil. Vocher berlaku sebagai alat pembayaran di gardu tol seperti halnya uang pas, sehingga proses pembayaran tol menjadi lebih cepat.

Sebagai informasi, Jalan tol Cipali terbentang sepanjang 116,75 kilometer. Ia merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia dan merupakan bagian dari sistem jalan tol Trans Jawa. Jalan Tol Cipali melintasi lima kabupaten di Jawa Barat yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka dan Cirebon.

Terpopuler