Tiga Skenario Kemenhub Atasi Kemacetan Tol Saat Arus Mudik

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 30 Jun 2016 16:36 WIB

Sejumlah kendaraan terjebak macet di ruas tol bekasi barat menuju cikampek, Sabtu (27/8) dinihari. Arus kendaraan mudik terus memadati tol Cikampek, Karawang, Jabar, dan sebagian besar kendaraan, baik mobil pribadi maupun bus, berduyun-duyun menuju jalur P Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto Sejumlah kendaraan terjebak macet di ruas tol bekasi barat menuju cikampek, Sabtu (27/8) dinihari. Arus kendaraan mudik terus memadati tol Cikampek, Karawang, Jabar, dan sebagian besar kendaraan, baik mobil pribadi maupun bus, berduyun-duyun menuju jalur P

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Kementerian Perhubungan menyiapkan tiga skenario untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalan tol saat arus mudik maupun balik lebaran.

"Tiga skenario ini mencakup gerbang tol masuk, ruas jalan tol dan gerbang tol keluar," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo saat meninjau arus mudik di ruas tol Cikopo-Brebes Timur, Rabu (29/6) kemarin.

Di gerbang masuk tol para pemudik diimbau agar menggunakan transaksi elektronik serta percepatan transaksi oleh petugas tol. Di ruas jalan tol akan dilakukan dengan cara buka tutup pintu rest area dan mempercepat waktu istirahat.

Sementara itu, untuk mengantisipasi penumpukan di pintu keluar, setelah transaksi di pintu tol akan didorong agar mempercepat arus keluar dengan berkoordinasi dengan semua petugas di lapangan termasuk dengan kepolisian.

Di tengah arus mudik yang mulai padat, Sugihardjo menjelaskan pembayaran tol akan diintegrasikan agar lebih efisien. "Ruas jalan tol dari Cikampen-Palimanan sudah menghilangkan satu gerbang tol utama Cikopo," lanjutnya.

Sedangkan untuk pengaturan arus kendaraan di pintu keluar Tol Brebes Timur, proses pembayarannya juga akan diintegrasikan. "Dari Palimanan-Brebes Timur akan menghilangkan tiga gardu tol," kata dia.

Dalam peninjauan tersebut Sugihardjo didampingi para pejabat Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Ketua KNKT, Dinas Perhubungan dan Informatika Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Brebes.

Terpopuler