Arus Mudik, Jalur Rawan Begal Jadi Perhatian Polisi

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Friska Yolanda

Kamis 30 Jun 2016 15:29 WIB

Kendaraan pemudik mulai melintas di Jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (26/6). Foto: Antara/Oky Lukmansyah Kendaraan pemudik mulai melintas di Jalur Pantura, Tegal, Jawa Tengah, Minggu (26/6).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Ruas jalan rawan tindakan pencurian dengan kekerasan maupun pemberatan (begal) di jalur pantura Indramayu menjadi perhatian khusus jajaran Polres Indramayu selama arus mudik dan balik Lebaran.

"(Jalur rawan begal) itu jadi 'atensi' kami," ucap Kapolres Indramayu AKBP Eko Sulistyo Basuki saat ditemui usai apel gelar pasukan Operasi Ramadniya 2016, di Mapolres Indramayu, Kamis (30/6).

Eko menyebutkan, ruas jalan yang rawan tindak begal yakni di jalur Indramayu-Cirebon, tepatnya di perbatasan Krangkeng (Indramayu)-Kapetakan (Cirebon). Sedangkan, titik rawan terjadinya tindak begal itu adalah di ruas jalan yang jauh dari pemukiman penduduk (toang) di daerah tersebut.

Untuk mengantisipasi terjadinya tindak begal itu, Eko menyatakan ada satgas tertutup dari sat reskrim, sat intel dan sat narkoba. Selain itu, pihaknya pun mengerahkan personil yang siap melakukan tindakan secara tepat dan terukur.  

"Itu 'di atas' sniper," tutur Eko. 

Selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini, jajaran Polres Indramayu mengerahkan 883 personelnya. Mereka akan melakukan pengamanan mulai dari Sewo (perbatasan Subang) hingga Candangpinggan (perbatasan Indramayu-Cirebon) dan Kapetakan (perbatasan Indramayu-Cirebon).

Eko menambahkan, jalur pantura Indramayu selama inipun menjadi titik lelah para pemudik dari Jakarta. Kondisi itu bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Untuk mengantisipasi kerawanan tersebut, Eko mewajibkan para pemudik sepeda motor untuk beristirahat di check point di eks RM Taman Selera Losarang, Kabupaten Indramayu. Di tempat tersebut telah disediakan fasilitas istirahat maupun makanan dan minuman gratis bagi pemudik.

"Semoga para pemudik bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan aman," tutur Eko. 

Kasat Lantas Polres Indramayu, AKP Dony Eko Wicaksono, menambahkan, menghadapi arus mudik dan balik lebaran tahun ini, pihaknya telah menyiapkan 24 pos pengamanan, satu pos pelayanan dan satu pos terpadu. 

"Kami mengimbau agar para pengemudi berhati-hati dalam perjalanan. Jika merasa lelah, segera beristirahat," kata Dony.

Terpopuler