Tips Mudik Aman Ala Rifat Sungkar

Red: Nidia Zuraya

Kamis 30 Jun 2016 07:06 WIB

  Sejumlah pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi mengantre untuk menaiki kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten. Ilustrasi (Republika/Prayogi) Sejumlah pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi mengantre untuk menaiki kapal roro di Pelabuhan Merak, Banten. Ilustrasi (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, Tradisi pulang kampung atau biasa dikenal dengan istilah mudik ke kampung halaman menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri hingga saat ini menjadi rutinitas sebagian besar masyarakat Indonesia dan kebanyakan mudik dilakukan dengan menggunakan transportasi umum maupun pribadi.

Kondisi ini menjadi perhatian mantan pereli nasional Rifat Sungkar. Menurut Rifat, banyak hal yang harus diperhatikan jika pemudik ke kampung halamannya menggunakan kendaraan bermotor termasuk roda dua, karena selama ini banyak kecelakaan yang terjadi.

"Perjalanan yang baik selalu dilakukan dengan manajemen perjalanan yang baik. Maka dari itu, ada beberapa hal yang patut diperhatikan terkait keselamatan mengemudi jelang musim mudik Lebaran kali ini," kata pria yang juga Direktur Rifat Drive Labs itu dalam keterangan tertulisnya yang diterima media di Jakarta, Kamis (30/6).

Beberapa hal yang dimaksud oleh Rifat adalah: para pemudik perlu memastikan perjalanan berlangsung dalam waktu yang tidak terlalu ketat terkait jadwal libur. Kemudian, pemudik juga perlu memastikan bahwa dirinya dalam kondisi sehat, baik fisik maupun mental.

Terpopuler