Ini Perhitungan Kebutuhan Saldo Etoll Card untuk Mudik Jakarta-Brebes

Rep: Kabul Astuti/ Red: Nur Aini

Kamis 30 Jun 2016 02:03 WIB

etoll Card Bank Mandiri etoll Card Bank Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI -- Mudik Lebaran 2016 sebentar lagi memasuki masa puncak. Untuk menghindari kemacetan, para pengguna jalan tol diimbau dapat mempersiapkan saldo kartu pembayaran tol elektronik atau etoll card dengan jumlah cukup sesuai tujuan perjalanan.

"Kalau pengguna jalan menggunakan e-toll card dan jaraknya jauh sampai ke Brebes minimal dia harus siapkan saldo Rp 200 ribu," kata Humas PT Jasa Marga Tol Jakarta-Cikampek, Iwan Abrianto, kepada Republika.co.id, Rabu (29/6).

Iwan memerinci, kebutuhan e-toll card dari Cikampek-Palimanan berkisar Rp 109.500. Kemudian, dari Palimanan sampai ke Brebes total saldo e-toll card yang harus dikeluarkan berkisar Rp 165 ribu. Karena itu, pengguna etoll card disarankan untuk mempunyai kecukupan saldo minimal Rp 200 ribu.

Apabila terpaksa harus mengisi ulang saldo, pengguna jalan dapat memanfaatkan lima bank yang melayani pembayaran etoll card. Di sepanjang jalur tol Jakarta-Cikampek (Jakpek) dan Cikopo-Palimanan (Cipali), pengguna jalan dapat menambah saldo di bank BNI, BTN, BRI, BCA, dan Mandiri.

Selepas Palimanan sampai ke Brebes, tersedia empat bank yang dapat digunakan. Pengguna jalan dapat menambah saldo di Indomart atau Alfamart yang ada di rest area. Kendati demikian, hal itu tidak disarankan untuk meminimalisasi kepadatan lalu lintas.

Selain kecukupan saldo, pengguna jalan juga diimbau untuk menyiapkan kendaraan dengan prima. Kondisi fisik sopir harus dalam keadaan sehat. Pengendara dilarang menggunakan bahu jalan untuk beristirahat. Apabila tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area pertama sudah penuh, pengguna jalan dianjurkan mencari tempat peristirahatan berikutnya.

"Lihat jarak tempuhnya. Kalau di jalan tol Jakpek untuk arus mudik ke arah Cikampek ada lima TIP di KM 19, 33, 39, 50, dan 57. Nanti arus baliknya dari Cipali TIP ada di di KM 71, 62, 50, 42, dan 34," kata Iwan. TIP paling padat biasanya berada di titik pertama, yakni TIP KM 19.

Ia mengimbau pengguna jalan supaya tidak mengandalkan TIP untuk beristirahat karena TIP akan langsung ditutup apabila sudah penuh.

Terpopuler