Hadapi Arus Mudik, Bandara Kualanamu Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Layanan

Rep: Issha Harruma/ Red: Agung Sasongko

Rabu 29 Jun 2016 15:24 WIB

Bandara Kualanamu Foto: Septianda Perdana/Antara Bandara Kualanamu

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Bandara Kualanamu terus bersiap menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2016. Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah II Medan Muzaffar Ismail mengatakan, pihaknya telah meningkatkan pemeriksaan dan pengawasan terkait keamanan dan kenyamanan pengguna jasa bandara.

Ia menyebutkan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 157 pesawat dari 228 pesawat yang ada di Bandara Kualanamu. "Salah satu yang diperiksa soal kelayakan terbang. Ini sangat penting untuk keselamatan dan kenyamanan penerbangan," kata Muzaffar, Rabu (29/6).

Muzaffar menegaskan, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap seluruh hal yang berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan pengguna jasa bandara pada saat musim mudik. Selain pesawat, para awak pun tak luput dari proses pengecekan.

Para kru pesawat menjalani tes urine untuk mengetahui apakah mereka menggunakan narkoba atau tidak. Hal ini, lanjutnya, penting dilakukan karena dapat membahayakan penerbangan bila awak pesawat menggunakannya.

"Kami juga melakukan tes urine pada 149 sampel, di dalamnya ada pilot, kru pramugari dan petugas pengamanan. Hasilnya, sampai sejauh ini negatif," ujar Muzaffar.

Pengerahan personel keamanan pun, kata Muzaffar, tak luput dilakukan. Ratusan personel gabungan, lanjutnya, siap mengamankan Bandara Kualanamu saat arus mudik dan balik Lebaran 2016.

"Sedangkan untuk pengamanan, kami sudah menyiapkan pengamanan sekitar 726 orang personel, di dalamnya ada Avsec, TNI, Polri dan Dishub," kata dia.

Terpopuler