Lebaran, 15 Puskesmas di Kota Sukabumi Tetap Buka

Rep: Riga Iman/ Red: Agung Sasongko

Rabu 29 Jun 2016 14:37 WIB

Puskesmas Puskesmas

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sebanyak 15 pusat layanan kesehatan (Puskesmas) di Kota Sukabumi akan tetap melayani warga pada saat lebaran. Hal ini dilakukan agar pada saat lebaran masyarakat masih bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memadai.‘’ Kami sudah merancang agar rumah sakit baik pemerintah dan swasta serta puskesmas tetap memberikan layanan pada lebaran,’’ ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Ritanenny kepada wartawan Rabu (29/6).

Sehingga lanjut dia tidak ada kata tutup pada fasilitas layanan kesehatan.Menurut Rita, pemberian layanan kesehatan khususnya di puskesmas akan menerapkan sistem penjadwalan petugas yang piket atau jaga. Nantinya, di depan puskesmas akan diberikan informasi nama petugas yang piket atau memberikan layanan kesehatan.

Di Kota Sukabumi ungkap Rita, ada sebanyak 15 puksesmas yang tersebar di tujuh kecamatan.  Puskesmas tersebut akan menerapkan sistem penjadwalan mulai H-3 lebaran dan H+3 lebaran.Intinya kata Rita, hak masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan tetap diperhatikan.

Sementara di sisi lain hak pegawai juga diperhatikan dengan menerapkan sistem piket atau penjadwalan.Diterangkan Rita, pasien yang berobat pada momen menjelang lebaran biasanya didominasi korban kecelakaan lalu lintas. Sementara setelah lebaran jumlah pasien meningkat karena adanya kasus keracunan makanan dan penyakit diare.

Terpopuler