Kantor SAR Bandung Bangun Posko Siaga Mudik

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Dwi Murdaningsih

Rabu 29 Jun 2016 14:16 WIB

Suasana sejumlah kendaraan memadati ruas jalur lalu lintas di kawasan Pasar Tumpah, Rancaekek, Kab. Bandung, Jabar, Selasa (14/8). Pemudik yang menuju Garut sebaiknya mewaspadai kemacetan di sepanjang Jalan Raya Rancaekek, yang diakibatkan pasar tumpah dan Foto: Dok Republika Suasana sejumlah kendaraan memadati ruas jalur lalu lintas di kawasan Pasar Tumpah, Rancaekek, Kab. Bandung, Jabar, Selasa (14/8). Pemudik yang menuju Garut sebaiknya mewaspadai kemacetan di sepanjang Jalan Raya Rancaekek, yang diakibatkan pasar tumpah dan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung membangun beberapa posko siaga di beberapa titik di Jabar untuk menghadapi momen mudik lebaran tahun ini.

Kepala Kantor SAR Bandung Slamet Riyadi menuturkan posko utama berada di kantor SAR Bandung di jalan raya Bandung-Garut KM 27, Sumedang. Posko lain yang didirikan di antaranya yaitu di Nagreg, Tol Cipali, Tasikmalaya, dan Cadas Pangeran, Sumedang serta di Cirebon.

"Posko utama di sini (kantor SAR Bandung, lalu di Nagreg, Cipali, Tasik, Cadas Pangeran," kata Slamet.  

Selain posko, ia mengatakan Kantor SAR Bandung juga menyiapkan empat tim yang masing-masing menggunakan kendaraan roda empat, dan dua tim yang masing-masing menggunakan kendaraan roda dua. Total personil yang disiagakan sebanyak 79 orang.

"Kendaraan roda dua ini agar mobile-nya lebih mudah, karena kami meyakini jalur selatan Nagreg akan macet," tambah dia. Langkah penyiapan posko dan personil SAR ini untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di darat.

Sedangkan untuk mengantisipasi potensi kecelakaan di temapt objek wisata yang bakal padat pengunjung pada momen lebaran nanti, pihaknya menurunkan satu tim yang berisikan 12 personil. Satu tim sudah disiapkan di tempat destinasi wisata seperti pantai Pangandaran.

"Di Cadas Pangeran juga ada satu tim, dan kalau tempat wisata yang berpotensi padat pengunjung, kami juga akan siapkan tim agar ke sana. Satu tim ada 12 orang," ujar dia.

Terpopuler