Ekspedisi Ramadhan RZ ke Suku Pedalaman Talang Mamak

Red: Rahmat Santosa Basarah

Selasa 28 Jun 2016 19:14 WIB

Kegiatan Ramadhan RZ di Suku Pedalaman Talang Mamak Kegiatan Ramadhan RZ di Suku Pedalaman Talang Mamak

REPUBLIKA.CO.ID,PEKANBARU--. RZ (Rumah Zakat) cabang Pekanbaru mengirimkan enam orang relawan ke Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, Dusun Nunusan, Kec. Batang Gangsal, Kab. Indragiri Hulu untuk melakukan Program Ekspedisi Ramadhan, Selasa (21/6). Dusun Nunusan dihuni oleh warga berpenduduk muslim bersuku talang mamak atau lebih sering dikenal dengan suku asli yang tinggal di pedalaman hutan belantara.

Kegiatan ekspedisi yang berlangsung dari Selasa tanggal 21 Juni hingga Sabtu  25 Juni 2016 ini mengambil tema “Menebar Cahaya Qur'an di Kampung Pedalaman”. Para relawan melakukan penyaluran 15 Alquran dan 15 Iqro untuk Desa Lemang dan Dusun Nunusan, 100 kaleng kornet Superqurban untuk tiga lokasi yakni Desa Lemang, Dusun Bengayawan, dan Dusun Nunusan, perlengkapan solat seperti sejadah dan mukena, peralatan kelas seperti spidol, tinta isi ulang spidol, penggaris, alat tulis, dan sekitar 100 buku bacaan untuk perpustakaan sekolah.
 
Untuk mencapai ke lokasi penyaluran, dibutuhkan sekitar enam jam dari Pekanbaru melalui perjalanan darat hingga Desa Lemang, kemudian dilanjutkan tiga jam menyusuri sungai sampai ke Dusun Nunusan. Dusun yang terletak di gugusan bukit indah dan berpenduduk 40 KK (Kepala Keluarga) ini dipilih RZ karena kondisinya yang sangat memperihatinkan.
 
“Di Dusun Nunusan tidak ada satu sekolah pun dan hanya ada taman baca dengan dua orang guru yang tidak bisa mengajar setiap hari, dikarenakan susahnya akses masuk serta besarnya biaya untuk sampai ke Dusun Nunusan. Selain itu, dusun ini hanya memiliki satu mushala yang sangat kecil,” papar Fajri Sabti, Koordinator Relawan RZ cabang Pekanbaru, dalam siaran pers yang diterima Republika.

Para relawan juga mengadakan kegiatan pelayanan kesehatan yakni pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan asam urat untuk warga berusia 17 tahun ke atas serta pemberian obat dan vitamin gratis. Selain itu, diadakan pula berbagai kegiatan semarak Ramadhan untuk anak-anak Dusun Nunusan diantaranya dongeng menjelang berbuka puasa, kelas inspirasi, serta mengaji bersama.
 
Program Ekspedisi Ramadhan ini merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya yakni Ekspedisi Bhakti Relawan di bulan Agustus 2015 lalu. “Semoga program yang dijalankan bisa bermanfaat untuk anak-anak dan warga Dusun Nunusan,” papar Fajri.
 

Terpopuler