Purwakarta Kebut Perbaikan Jalur Alternatif Lingkar Timur

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 28 Jun 2016 18:19 WIB

Setelah dilakukan pembenahan sejak April lalu, ruas jalan di Purwakarta siap hadapi arus mudik Foto: Republika Setelah dilakukan pembenahan sejak April lalu, ruas jalan di Purwakarta siap hadapi arus mudik

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta mengebut perbaikan jalan lingkar timur. Jalan lingkar timur tersebut, mulai dari Cikopo menembus sampai jalur utama Sadang-Subang via Cibatu.

Alasan jalan itu diperbaiki sebab akses tersebut merupakan jalur alternatif bagi para pemudik. Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Purwakarta Budi Supriadi mengatakan jalan alternatif dari Cikopo sampai ke Cibatu panjangnya mencapai 13 kilometer.

"Meskipun itu jalan alternatif, tapi kami ingin saat arus mudik nanti kondisinya bagus," ujar Budi, kepada Republika, Selasa (28/6). 

Menurut Budi, untuk sementara perbaikan jalur alternatif itu masih tambal sulam. Akan tetapi, setelah lebaran nanti, perbaikannya akan difokuskan keseluruhan. Bukan hanya konstruksinya, lebarnya juga akan ditambah.

Sebelumnya, jalan lintas kecamatan itu lebarnya hanya 4,5 meter. Ke depan akan ditambah jadi enam meter dengan ketebalan mencapai lima sentimeter.

Selain itu, dari 13 kilometer di sejumlah titik akan menggunakan beton supaya konstruksinya lebih kuat.

"Dengan perbaikan ini, diharapkan pemudik yang menggunakan roda dua maupun roda empat bisa melintas dengan nyaman dan aman," jelasnya.

 

Baca: Angin Kencang Landa Perairan Selat Sunda