Arus Mudik di Termninal Bus Tirtonadi Diprediksi H-3

Red: Hazliansyah

Selasa 28 Jun 2016 11:48 WIB

Terminal Bus Tirtonadi Solo, Jawa Tengah. Foto: bismania.com Terminal Bus Tirtonadi Solo, Jawa Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Memasuki H-8 lebaran atau pada Selasa (28/6) suasana di terminal bus Tirtonadi masih berjalan normal seperti biasa. Belum terlihat adanya peningkatan kedatangan ataupun keberangkatan penumpang.

"Arus mudik diprediksi akan ramai pada hari Jumat (1/7) atau H-3, sekarang ini kondisi di terminal masih sepi dan bus-bus yang masuk atau berangkat masih bus reguler dan belum pada yang masuk untuk bus-bus Lebaran," kata Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Terminal Bus Tirtonadi Solo Eko Agus Susanto.

Ia mengatakan Terminal Bus Tirtonadi Solo yang masuk tipe A, melayani 19 trayek lebih termasuk di antaranya ke Sumatra. Terminal Bus Tirtonadi Solo pada hari-hari biasa mengoperasikan sebanyak 437 unit bus AKAP, 248 bus AKDP, dan 389 bus lintas Sumatra, Bali.

Sementara Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Solo, Joko Suprapto mengatakan, selama ini dari tahun ke tahun minat pemudik yang menggunakan transportasi publik menurun, khususnya armada bus. Saat ini penggunanya cukup minim. Apalagi dengan murahnya harga tiket pesawat dan kereta api.

"Memang ada yang memilih menggunakan pesawat dan kereta api karena lebih menghemat waktu. Sekaligus tanpa ada risiko kemacetan. Namun kebanyakan orang senang menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun sepeda motor," katanya.

Seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan pribadi, lanjutnya, jumlah pemudik yang menggunakan bus juga semakin menurun.

"Hal ini disadari jika perusahaan otobus (PO) dari tahun ke tahun cukup sulit, meskipun saat mudik banyak PO yang mendapatkan penghasilan lebih, tidak dipungkiri penghasilannya dari tahun ke tahun menurun," katanya.