BI Resmikan Layanan Penukaran Uang Pertama di Bandara

Red: Hazliansyah

Senin 27 Jun 2016 18:07 WIB

Bandara Internasional Minangkabau. Bandara Internasional Minangkabau.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANGPARIAMAN, SUMBAR -- Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Barat bekerja sama dengan bank umum daerah setempat menyediakan loket yang dapat dimanfaatkan pemudik menukar uang pecahan kecil di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

"Kami menyediakan jasa penukaran uang kecil secara gratis di BIM mulai 27-30 Juni 2016 di BIM, khusus bagi pemudik yang membutuhkan uang kecil untuk kebutuhan Lebaran," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatera Barat (Sumbar) Puji Atmoko di Padangpariaman, Senin.

Menurut dia warga Sumbar banyak yang merantau ke luar daerah dan saat lebaran biasanya pulang kampung sehingga BI memanfaatkan momen tersebut untuk menyediakan jasa penukaran uang di bandara.

"Sepengetahuan kami setelah berkoordinasi dengan kantor BI lain, ini adalah layanan penukaran uang pertama di bandara," ujar dia.

Ia berharap pemudik yang tiba di BIM namun belum sempat menukarkan uang untuk kebutuhan lebaran bisa memanfaatkan loket yang disediakan.

"Daripada menukarkan melalui calo, di sini lebih terjamin, maksimal satu orang dapat menukarkan hingga Rp 6 juta," katanya.

Puji menambahkan loket penukaran uang di BIM dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB bekerja sama dengan BNI, CIMB Niaga, BCA, BRI, Bank Mandiri dan Bank Nagari.

"Setiap hari kami siapkan modal Rp 4 miliar jadi jangan khawatir akan kehabisan," ujarnya.

Sementara General Manajer Angkasa Pura II BIM Suparlan mengatakan, pihaknya akan mengumumkan layanan penukaran uang secara gratis melalui pengeras suara terutama kepada penumpang yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau.

"Kami menyambut baik penyediaan jasa penukaran uang ini karena cukup membantu pemudik," kata dia.

Terpopuler