Black Nastar, si Hitam yang Menggoda

Rep: Santi Sopia/ Red: Andi Nur Aminah

Senin 27 Jun 2016 16:11 WIB

Black nastar Foto: Dok NCC Black nastar

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak varian nastar yang berkembang saat ini. Salah satunya, black nastar. "Selain varian nastar buah-buahan, black nastar adalah yang cukup berkembang karena banyak yang suka menggunakan coklat," kata Pendiri Natural Cooking Club (NCC), Fatmah Bahalwan saat dihubungi Republika.co.id, Senin (27/6).

Black Nastar dikenal akan warnanya yang hitam pekat. Kombinasi balutan coklat bersama isi selai nanas pada nastar menciptakan perpaduan rasa yang lezat. Cara pembuatannya, sama seperti nastar pada umumnya. Hanya ditambah coklat bubuk dan atau menjadikan coklat leleh sebagai toping kue.

Nastar coklat renyah disebut pertama kali diperkenalkan oleh Sahak Pribadi dan kemudian menjadi terkenal di seluruh Indonesia. Dari yang tadinya mengandalkan coklat sebagai ciri khas black nastar, resep lain, lalu kian berkembang di masyarakat. Seperti halnya penggunaan tepung beras hitam.

Para ibu juga bisa mengkreasikan black nastar ke dalam berbagai bentuk. Mulai dari menyerupai buah manggis yang notabene menjadi ciri khasnya, hingga rerupa lainnya, seperti  bunga-bunga, mainan, dan lainnya.

Resep Black Nastar

Bahan A

3 kuning telur

1 putih telur

200 gram margarin

100 gram butter

250 gula palm

seperempat sdt garam

Bahan B

425 gram tepung terigu

25 gram susu bubuk

50 gram coklat bubuk (25 noir, 25 coklat VH)

30 gram maizena

Bahan C

500 gram selai nanas

Cara membuat :

1. Bahan A dikocok hingga mengembang

2. Masukan bahan B, aduk rata

3. Ambil 1 sdt pipihkan lalu beri bahan C kemudian bentuk sesuai selera

4. Panggang dengan suhu 160 derajat selama 30 menit atau sampai matang.

Terpopuler