Polda Jabar Siapkan Rencana Pengaturan Arus Mudik

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Israr Itah

Senin 27 Jun 2016 15:58 WIB

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Bambang Waskito. (Republika/Edi Yusuf) Foto: Republika/Edi Yusuf Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Bambang Waskito. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Bambang Waskito mengatakan ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh Polda Jabar untuk mengatasi kemacetan dan pengaturan lalu lintas di sepanjang jalur Utara.

Bambang menjelaskan, pertama ia memastikan bahwa perbaikan jalan, baik di tol maupun jalur Pantura akan selesai H-7. Ia sudah berkordinasi dengan para stakeholder terkait untuk menyelesaikan hal tersebut.

Untuk mengatasi kemacetan, Bambang mengungkapkan akan ada uji coba contraflow di Jalan Tol Cipali. Mulai kilometer 41 hingga kilometer 66.

"Jadi kami lihat nanti bagian Jawa Barat setelah pintu tol Cikarang Utama, nanti kami sambung dari Polda Metro. Kalau Polda Metro sudah memberlakukan itu, mau tidak mau menjelang ke Cileunyi, kami contraflow disitu," ujar Bambang saat ditemui Republika.co.id di Kantor Menkopolhukam, Senin (27/6).

Untuk masalah kesiapan lain, Bambang mengatakan akan ada integrasi pada tiga pintu tol. Bagi para pengendara yang hendak melaju hingga Brebes Timur dari pintu tol Cikarang Utama dan Palimanan hanya akan mengambil tiket tol saja. Nantinya, keluar pintu tol Brebes Timur baru dilakukan pembayaran.

"Jadi sekarang pintu tol ini sudah terintegrasi. Dulunya yang mungkin enam atau tujuh, sekarang sudah tiga tempat," ujar Bambang.

 

Terpopuler