Stasiun Gambir Mulai Berangkatkan Pemudik

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah

Senin 27 Jun 2016 15:52 WIB

Suasana penumpang di stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (14/1). Foto: Republika/Prayogi Suasana penumpang di stasiun Gambir, Jakarta, Kamis (14/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah stasiun kereta di Jakarta sudah siap menyambut arus mudik Idul Fitri 2016. Pemudik pun sudah mulai tampak di Stasiun Gambir.

Diah, warga Semarang, Jawa Tengah mengaku biasa mudik menggunakan kereta api. Meski Lebaran masih cukup lama, ia memilih mudik lebih cepat. "Tiket mahal kalau nanti, saya dapat masih normal," ujar Diah kepada Republika.co.id di Stasiun Gambir Jakarta, Senin (27/6).

Diah mudik bersama dua anaknya. Segala persiapan telah dilakukan agar perjalanan menuju kampung halaman lancar, seperti mempersiapkan obat-obatan. Diah juga mengingatkan kepada pemudik agar tidak memesan tiket mendadak.

"Kadang juga tiket kereta sama pesawat hampir sama," kata Diah yang kini tinggal di Tangerang, Banten.

Penumpang lainnya, Fatmawati juga memiliki alasan yang sama dengan Diah. Dia mengaku memesan tiket kereta jauh hari sebelumnya agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Fatmawati tinggal di Tangerang sudah tiga tahun. Menurutnya, menggunakan kereta api lebih nyaman.

"Enggak macet cepat sampai," ujar Fatmawati.

Berdasarkan data penumpang di posko humas Stasiun Gambir, sebanyak 4.150 penumpang sudah diberangkatkan pada Senin (27/6) hingga pukul 12.45 WIB. Jumlah tersebut terdiri dari 3.499 KA reguler dan 651 KA tambahan.

Sebelumnya pada Jumat (24/6) sebanyak 8.050 penumpang diberangkatkan. Kemudian pada Sabtu (25/6) yaitu 7.449 penumpang dan Ahad (26/6) 7.338 penumpang.

Terpopuler