Pelindo III Sediakan Bus Gratis Bagi 5.600 Pemudik

Red: Nidia Zuraya

Senin 27 Jun 2016 06:55 WIB

Program Mudik Gratis Foto: antaranews Program Mudik Gratis

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyediakan bus gratis bagi 5.600 pemudik khusus penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, dan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto, mengatakan bus gratis tersebut tersedia selama tujuh hari berturut-turut sejak H-7 hingga H-1 Hari Raya Idul Fitri 1437 H, atau mulai tanggal 28 Juni hingga 5 Juli 2016.

"Setidaknya lebih dari 5.600 orang pemudik kapal laut dari Pulau Kalimantan yang berangkat dari Pelabuhan Kumai, Sampit, Banjarmasin, Pontianak dan Balikpapan dan dari Pulau Sulawesi yang berangkat dari Pelabuhan Makassar akan diantar oleh Pelindo III dari Pelabuhan tujuan mudik yaitu Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang menuju kebeberapa kota tujuan akhir mudik di Pulau Jawa," katanya di Surabaya, Ahad (26/6).

Ia mengatakan, keberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Perak, akan dilakukan setiap hari, dan akan tersedia 10 bus yang akan melayani 4 rute ke sejumlah kota di Provinsi Jawa Timur, seperti Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember, Mojokerto-Jombang-Ngajuk-Madiun, Kediri-Tulungagung-Trenggalek, Lamongan-Bojonegoro-Cepu.

Sedangkan untuk bus dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang tersedia enam bus yang akan melayani empat rute menuju kota di Provinsi Jawa Tengah. Di antaranya rute Demak-Kudus-Pati, Temanggung-Wonosobo, Solo-Yogyakarta, dan rute pantura yang menuju Kendal-Pekalongan-Pemalang.

"Seluruh peserta Mudik Gratis Bareng Pelindo III dilindungi oleh asuransi yang ditanggung seluruhnya oleh Pelindo III, dan bagi pemudik dapat langsung mendaftarkan diri begitu tiba di pelabuhan kedatangan pada loket pelayanan mudik gratis dengan menunjukkan tiket kapal dan bukti identitas diri," katanya.

Edi menjelaskan, program ini diprakarsai oleh Pelindo III dan bekerja sama dengan BUMN lainnya seperti PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) selaku operator kapal penumpang dan Perum Damri untuk menyediakan armada bus. 

 

Terpopuler