Selama Ramadhan, Ribuan Keluarga Muslim Rohingya Dapat Bantuan dari OKI

Rep: Dwina Agustin/ Red: M Akbar

Senin 27 Jun 2016 00:16 WIB

Pengungsi Rohingya di Aceh. Foto: Ibtimes.co.uk Pengungsi Rohingya di Aceh.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Keluarga muslim Rohingya mendapatkan bantuan kebutuhan pangan dari Organisasi Kerjasama Islam (OKI) selama bulan Ramadhan. Lebih dari 1.100 keluarga pengungsi Rohingya mendapatkan distribusi beras.

OKI telah menyiapkan lebih dari 550 karung beras yang terdiri dari 50 kg per karung. Bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan olej organisasi non-pemerintah HUMANiTi Malaysia selama bulan Ramadan.

"Lebih dari 1.100 keluarga yang tinggal di Sittwe, negara bagian Rakhine, Myanmar, menerima bantuan," kata Dr Syed Hamid Albar, presiden HUMANiTi Malaysia dan OKI Utusan Khusus untuk Myanmar, dikutip dari Arabnews, Senin (27/6).

Bantuan tersebut merupakan bagian dari inisiatif yang dikemukakan oleh Sekretaris Jenderal OKI Iyad Ameen Madani. Bantuan tersebut untuk memastikan kebutuhan dasar dan jasa, termasuk medis dan pendidikan yang disediakan untuk pengungsi Rohingya.

"Awal bulan ini, Madani menginisasi penyelenggaran melalui HUMANiTi Ramadhan buka puasa dan distribusi bantuan event bagi para pengungsi di Malaysia," ujar penyataan OKI.

Syed Hamid mengatakan, OKI bertekad untuk membantu pengungsi internalan yang tinggal di kamp-kamp untuk mendapatkan akses ke mata pencaharian.  Serta mencoba untuk mendirikan kantor di Myanmar untuk memberikan bantuan kemanusiaan yang akan bermanfaat bagi semua pengungsi , terlepas dari latar belakang etnis.

Terpopuler