Polresta Medan Turunkan 1.475 Personel Amankan Lebaran

Rep: Issha Harruma/ Red: Israr Itah

Ahad 26 Jun 2016 15:45 WIB

Polisi memeriksa barang bawaan seorang anggota organisasi kepemudaan (OKP) di Medan. Foto: Antara Polisi memeriksa barang bawaan seorang anggota organisasi kepemudaan (OKP) di Medan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Untuk menjaga kondisi kondusif dan kenyamanan masyarakat jelang Lebaran, Polresta Medan akan mendirikan pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan). Pos ini merupakan bagian dari Operasi Ramadhania 2016 yang digelar Mabes Polri di seluruh jajarannya.

"Sebanyak 11 pospam dan satu posyan akan didirikan di beberapa objek vital dan pusat keramaian yang berada di wilayah hukum Polresta Medan," kata Kapolresta Medan Kombes Mardiaz Kusin Dwihananto, Ahad (26/6).

Mardiaz menjelaskan, pos-pos tersebut akan didirikan selama Operasi Ramadhania berlangsung mulai 30 Juni hingga 15 Juli 2016. Polresta Medan pun memiliki pospam terbanyak dibanding 26 Polres lain yang berada di jajaran Polda Sumut.

"Dalam operasi tersebut, sekitar 1.475 personel Polresta Medan akan diturunkan," ujar Mardiaz.

Mardiaz menyebutkan, pospam dan posyan tersebut akan didirikan di depan Stasiun Kereta Api Medan di Jalan Stasiun, depan Millenium Plaza di Jalan Kapten Muslim Medan, Simpang Sei Mencirim, Jalan Ring Road, Plaza Medan Fair di Jalan Gatot Subroto, Aksara Plaza di Jalan Aksara Medan, Centre Point di Jalan Jawa, Thamrin Plaza di Jalan Thamrin, Medan Mall di Jalan MT Haryono, Simpang Amplas, dan Simpang Pos.

Sedangkan untuk posyan akan didirikan di Hill Park Sibolangit.

Polda Sumut juga akan mendirikan 110 pos yang terdiri dari 96 pospam dan 14 posyan selama arus mudik dan arus balik. Kasubbid Penerangan Masyarakat Polda Sumut AKBP Mangantar P Nainggolan mengatakan, sebanyak 4.016 personel dikerahkan dalam Operasi Ramadhania 2016.

Para personel tersebut terdiri dari 588 personel satuan tugas Polda Sumut dan 3.428 personel satuan tugas wilayah. Operasi yang dilaksanakan selama 16 hari penuh oleh Mabes Polri beserta Polda, Polres, dan Polsek ini, lanjutnya, didukung oleh TNI, sejumlah kementerian dan mitra kamtibmas lain. 

Baca juga: Polda Sumut Dirikan 110 Pos Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran

Terpopuler