Waspadai 17 Titik Rawan Macet Jalur Cileunyi-Nagreg

Red: Nur Aini

Ahad 26 Jun 2016 09:54 WIB

Tol Cileunyi Foto: ANTARAFOTO Tol Cileunyi

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Sebanyak 1.534 anggota Polri bakal diterjunkan dalam pengamanan arus lalu lintas saat mudik Lebaran 2016 di wilayah Kabupaten Bandung. Personel itu, 524 anggota di antaranya akan ditempatkan di Jalur Cileunyi-Nagreg yang selama ini dinilai rawan kemacetan.

"Terdapat 17 titik rawan macet di Jalur Cileunyi-Nagreg di antaranya Simpang Cileunyi, Putaran ABC, PTG Sayang, Putaran Permata Hijau, Kahatex, Parakanmuncang, Tanjakan Nagrog, Tanjakan LPG, Pertigaan Bojong, kawasan ABU, rel KA Pamuncatan, Masjid Paslon, Cagak Nagreg, Cikaledong, kawasan RM Ciaro, Tanjakan Ciherang, dan kawasan Cibajeg," kata Kapolres Bandung AKBP M Nazly Harahap.

Sedangkan titik rawan macet pada arus balik di Jalur Nagreg-Cileunyi, meliputi lingkar Nagreg, lingkar barat, pertigaan Bojong, Parakanmuncang, PT Vonex/Kahatex 2, Dangdeur Rancaekek, terminal bayangan, dan Gerbang Tol Cileunyi.

"Kami berkoordinasi langsung dengan Polres Sumedang khususnya untuk pengamanan di sekitaran PT Kahatex yang selalu dimanfaatkan pedagang kaki lima, untuk pengamanan PKL sendiri akan dilakukan oleh Satpol PP setempat," katanya.

Sementara itu, jalur Majalaya-Kamojang-Garut atau Jalur Monteng siap menjadi jalur alternatif mudik Lebaran 2016 khususnya bagi warga kawasan Bandung bagian selatan.

"Jalur Monteng sudah bisa dilintasi selain jalur Cijapati. Namun kendaraan yang melintas direkomendasikan kendaraan kecil dan masih prima," kata Bupati Bandung Dadang M Nasser, di Bandung, Ahad (26/6).

Pembukaan jalur alternatif mudik itu, seusai pembangunan jalur dan jembatan baru di kawasan Kecamatan Ibun menyusul adanya pengalihan jalur dari Jalur Monteng ke jalur lain yang kondisinya lebih landai.

Namun kondisi jalannya masih sempit, sehingga pengguna jalur harus berhati-hati, khususnya saat melakukan persilangan, baik kendaraan dari arah atas atau yang tengah menanjak.

Meski sudah diperbaiki, namun Bupati Bandung merekomendasikan penggunaan jalur alternatif mudik itu hanya dilakukan pada siang hari, selain jalan curam, juga penerangannya masih belum memadai bila digunakan malam hari. "Kami berupaya memfasilitasi masyarakat dengan membangun jalur yang mengakses ke Kabupaten Garut melalui pegunungan di kawasan itu, setelelah Jalur monteng tengah disiapkan untuk jalur Kertasari-Darajat," kata Bupati.

Dadang juga menyatakan mendukung penuh rencana kegiatan Polres Bandung dalam pengamanan lalu lintas menjelang Idul Fitri.

 

Terpopuler