Pemudik Mulai Padati Terminal Induk Bekasi

Red: Ilham

Sabtu 25 Jun 2016 19:07 WIB

Terminal Bekasi Foto: antara Terminal Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sejumlah pemudik tujuan Sumatera sudah mulai memadati Terminal Induk Kota Bekasi, Jawa Barat. Mereka adalah pemudik ke kampung halaman untuk merayakan hari raya Idul Fitri.

"Saya sudah melakukan perjalanan karena khawatir kalau dinanti-nanti bisa macet dan capek di jalan," kata salah satu pemudik, Petricia (36), di Bekasi. Pekerja swasta di Jakarta itu memilih mengambil cuti lebih dulu dari rekan kerjanya untuk pulang ke Medan, Sumatra Utara.

Pantauan di lokasi, pemudik di terminal tersebut nampak membawa serta sejumlah barang besar seperti tas, kardus dan tas jinjing. Mereka terpusat di jalur bus Antar Kota Antar Provinsi dengan membawa sejumlah sanak keluarga dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung.

Sementara itu, Kepala Urusan Tata Usaha Terminal Induk pada Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Teddy Abdul Hakim membenarkan adanya aktivitas pemudik mulai Sabtu (25/6). Pemberangkatan pemudik melalui Terminal Induk Kota Bekasi di Jalan Cut Meutia, Bekasi Timur sudah mulai menggeliat.

"Sekarang yang baru nampak adalah pemudik untuk tujuan luar Pulau Jawa, seperti tujuan Lampung, Palembang, Padang, dan yang terjauh Medan. Namun jumlahnya belum signifikan," katanya.

Sementara untuk pemudik rute utama, seperti kawasan Priangan, Pantura, dan Jawa Tengah, kata Teddy, diprediksi lonjakan penumpang baru akan terjadi pekan depan. "Tepatnya begitu karyawan perusahaan swasta dan Pegawai Negeri Sipil mulai memasuki waktu libur, perkiraannya akhir pekan depan mulai tanggal 1 Juli 2016 pemudiknya mengalami lonjakan," katanya.