Pelindo III Sediakan 70 Bus Gratis Bagi Pemudik Kapal Laut

Rep: Binti Sholikah/ Red: Israr Itah

Sabtu 25 Jun 2016 18:43 WIB

Belum Puncak Mudik. Pemudik mencari bus AKAP di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa (14/7).  (Republika/Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Belum Puncak Mudik. Pemudik mencari bus AKAP di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Selasa (14/7). (Republika/Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menggelar program mudik gratis bagi pemudik yang menggunakan transportasi kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Dalam program mudik gratis ini, Pelindo III menyediakan sebanyak 70 bus gratis untuk mengantar para pemudik ke berbagai tujuan kota-kota di Jawa Timur.

General Manager Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak Joko Noerhudha mengatakan program mudik gratis ini diselenggarakan kembali karena antusiasme para pemudik pada tahun sebelumnya, terutama penumpang kapal laut.

Selain itu, menurutnya, program ini juga bermanfaat untuk mengurangi trafik kendaraan penjemput di Pelabuhan Tanjung Perak dengan mengintegrasikan moda laut dan moda darat sehingga dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan polusi udara.

"Penjemput cukup menunggu di lokasi pemberhentian di kota-kota tujuan. Tidak perlu ke Pelabuhan," kata Joko kepada wartawan di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Sabtu (25/6).

Ia menjelaskan, rute mudik gratis terbagi menjadi empat, yakni tujuan Jember, melewati tiga kota pemberhentian seperti Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang. Rute kedua dengan tujuan Madiun, melewati tiga kota pemberhentian mulai dari Mojokerto, Jombang dan Nganjuk.

Kemudian, rute ketiga dengan tujuan Trenggalek, melewati dua kota pemberhentian, yakni Kediri dan Tulungagung. Terakhir, rute keempat dengan tujuan Cepu, melewati dua kota pemberhentian Lamongan dan Bojonegoro.

"Bagi para penumpang yang berminat dapat mendaftar pada saat tiba pelabuhan Tanjung Perak, di counter-counter yang telah di sediakan di Terminal Penumpang kami. Tanpa dipungut biaya alias gratis," imbuh Joko. 

Ia menambahkan, program ini akan dimulai pada 28 Juni - 5 Juli 2016 untuk semua penumpang kapal laut. Namun, untuk jadwal keberangkatan bus mudik gratis akan mengikuti jadwal kedatangan kapal Pelni.

Menurutnya, penumpang di luar kapal Pelni yang kebetulan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak juga dapat memanfaatkan kesempatan mudik gratis tersebut.

Selain di Pelabuhan Tanjung Perak, Pelindo III juga menyelenggarakan program serupa bagi para penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Rencananya, bus gratis akan melayani empat rute. Rute pertama dengan tujuan Pati, melewati kota Demak dan Kudus. Kemudian, Rute kedua dengan tujuan Wonosobo melewati Temanggung. Rute ketiga dengan Tujuan Yogyakarta, melewati Solo. Rute keempat, dengan tujuan Pemalang, melewati Kendal dan Pekalongan.

Terpopuler