Perusahaan Bus di Medan Tambah Armada

Rep: Issha Harruma/ Red: Dwi Murdaningsih

Sabtu 25 Jun 2016 08:55 WIB

Armada Bus Foto: Republika/Wihdan Hidayat Armada Bus

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Menjelang Lebaran 2016, perusahaan angkutan di kota Medan mulai menambah jumlah armada mereka. Salah satu perusahaan yang melakukan penambahan armada adalah PT Raja Perdana Inti (RAPI).

Perusahaan yang memiliki pool di Jl Sisingamangaraja, Medan Amplas ini merupakan perusahaan bus antar kota antar provinsi. Mandor PT RAPI Selamat Simarmata mengatakan, pihaknya menambah armada bus hingga 15 unit.

Menurut dia, penambahan ini dilakukan untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang meningkat tajam saat arus mudik lebaran kelak. "Kami menambah 15 bus tahun ini," kata Selamat, Jumat (24/6).

Selamat mengatakan, selain menambah armada, pihaknya juga terus mempersiapkan kondisi para pengemudi berikut kendaraan. Seluruh pengemudi dan kernet, menurutnya, secara rutin selalu diberikan penyuluhan mengenai tata tertib berlalu lintas. Mereka pun diimbau untuk menghindari minuman keras dan narkoba karena dapat membahayakan penumpang.

"Untuk pengecekan ini, kami selalu mengikuti petunjuk dari Dinas Perhubungan," ujarnya.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, beberapa pool bus antar kota antar provinsi di kawasan Medan Amplas masih dalam kondisi normal. Belum terlihat penumpukan penumpang di pool-pool tersebut. Pengusaha angkutan memprediksi lonjakan penumpang terjadi pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2016.

Terpopuler