Menhub Imbau Pemudik Tunda Perjalanan Jika Cuaca Buruk

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Bayu Hermawan

Sabtu 25 Jun 2016 06:19 WIB

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan Foto: Republika/ Wihdan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub), Ignasius Jonan mengingatkan pemudik lebih baik menunda perjalanan dengan adanya cuaca buruk. Sebab, faktor keselamatan dalam transportasi merupakan satu hal yang tidak bisa ditawar lagi.

"Karena itu, moda transportasi lebih baik menunda perjalanan jika kondisi cuaca sedang buruk," ujarnya, Jumat (25/6).

Menurutnya dalam masa angkutan lebaran ini, frekuensi perjalanan dan jumlah pergerakan orang meningkat. Bahkan, dia melanjutkan, meningkat hingga dua kali lipat dari pada hari biasa di luar masa angkutan lebaran.

Mengantisipasi kemungkinan terjadinya longsor pada moda transportasi darat, Menhub telah berkoordinasi dengan instansi terkait.

Kepolisian dan Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen-PU) telah dikoordinasikan untuk siaga semaksimal mungkin. "Kalau ada longsor telah disiagakan traktor, mobil derek dan alat-alat ekskavator yang disediakan oleh PU," katanya.

Jonan menambahkan keselamatan dan keamanan transportasi menjadi fokus utama pihaknya dalam upaya mewujudkan zero accident pada masa angkutan lebaran ini.

Selain keselamatan dan keamanan, Kemenhub juga berupaya terus untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan transportasi.