Dishub Siapkan 20 Bus Mudik Cadangan di Bakauheni

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 24 Jun 2016 22:26 WIB

Kapal Ferry menunggu bongkar muatan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (21/6). (Republika/ Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Kapal Ferry menunggu bongkar muatan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Selasa (21/6). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung menyiapkan 20 unit bus cadangan di Pelabuhan Bakauheni, pada pucak arus mudik. Bus ini disiapkan untuk mengantisipasi menumpuknya penumpang pejalan kaki yang tiba di Pelabuhan Bakauheni, seperti arus mudik tahun lalu.

Menurut Kepala Dishub Lampung, Idrus Effendi, pihaknya tidak akan mengulang kejadian mudik tahun sebelumnya, dengan menyiapkan bus cadangan dari pemerintah untuk mengangkut penumpang yang menumpuk di pelabuhan Bakauheni menuju Kota Bandar Lampung.

“Kami siapkan 20 unit bus cadangan, insya Allah tidak ada penumpukkan penumpang lagi,” kata Idrus, Jumat (24/6).

Ia mengatakan, bus-bus tersebut beradal dari pemerintah dan juga pengusaha otobus yang ada di Lampung. Pada puncak arus mudik mendatang, pihaknya berharap tidak ada lagi penumpukkan penumpang karena kekurangan bus dari Terminal Rajabasa.

Menurut dia, penumpukkan terjadi karena penumpang tidak melanjutkan perjalanan mudik ketika tiba di Pelabuhan Bakauheni pada malam hari. Mereka memilih menginap semalam dan melanjutkan mudik pada besok paginya. Sehingga, bus yang tersedia tidak mencukupi mengangkut penumpang yang ada dan yang baru tiba di pelabuhan.

 

baca juga: Sistem Check In Baru Diterapkan di Stasiun Gambir

Terpopuler