Tiket Kereta Api di Sumut Ludes

Rep: Issha Harruma/ Red: Esthi Maharani

Jumat 24 Jun 2016 15:00 WIB

Kereta Api Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kereta Api

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Tiket kereta api untuk perjalanan di Sumatra Utara untuk H-7 hingga hari kedua Lebaran ludes terjual. Tiket yang sudah habis, yakni KA Putri Deli dengan rute Medan-Tanjung Balai dan sebaliknya, serta KA Siantar Ekspres dengan rute Medan-Pematang Siantar dan sebaliknya.

Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut Rapino Situmorang mengatakan, per perjalanan, KA Putri Deli mengangkut 530 penumpang dengan total enam kali perjalanan dalam sehari. Sementara, Siantar Ekspres membawa 318 orang dalam sekali perjalanan dengan total dua kali perjalanan.

Menurut Rapino, tiket yang masih tersisa untuk periode tersebut hanya KA Sri Bilah dengan rute Medan-Rantau Parapat dan sebaliknya. Ia pun mengimbau masyarakat yang ingin menggunakan kereta api tersebut untuk segera membeli tiket.

"Untuk keberangkatan Sabtu, 2 Juli masih ada. Tapi, jangan sudah dekat dengan tanggal keberangkatan baru sibuk mencari," kata Rapino, Jumat (24/6).

Rapino menjelaskan, ada 171.238 tempat duduk yang disediakan KAI Sumut untuk seluruh rute selama periode angkutan Lebaran 24 Juni hingga 17 Juli 2016. Dari total tempat duduk tersebut, baru sekitar 40.000 kursi yang terjual.

"Untuk KA Sri Bilah yang ke Rantau Parapat dan sebaliknya, bukan sepi peminat, tapi ketika dekat tanggal berangkat baru mereka mencari. Masih jarang yang terencana," ujar dia.

Untuk KA Sri Bilah, Rapino mengatakan,  ada promo yang dapat dimanfaatkan para pemudik. Harga tiket Eksekutif dari Rp150.000 menjadi Rp100.000 dan Bisnis dari Rp125.000 menjadi Rp75.000. Tiket tersebut dapat diperoleh di website resmi PT KAI dan loket-loket kereta api.

Terpopuler