Dinkes Depok Lakukan Tes Urine Sopir Bus Mudik Lebaran

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Kamis 23 Jun 2016 23:11 WIB

Petugas merapikan sampel urine (ilustrasi) Foto: Antara/Darwin Fatiir Petugas merapikan sampel urine (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok dan Satuan Narkoba Polresta Depok akan melakukan tes urine sopir-sopir angkutan umum bus mudik lebaran.

"Ini salah satu upaya mengantisipasi kecelakaan lalu lintas selama mudik lebaran," ujar Kepala Seksi (Kasie) Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Depok, Zakiyah, Kamis (23/6).

Pelaksanaannya tes urine akan dilakukan pada H-7 lebaran di Posko Kesehatan di Terminal Terpadu Depok. "Pemeriksaan yang dilakukan berupa tes urine kepada para sopir bus mudik lebaran. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan para sopir," jelas Zakiyah.

Dia menegaskan, kegiatan ini dilakukan guna mencegah adanya perilaku sopir yang menggunakan narkoba dan minuman keras (miras) serta masih dalam pengaruh narkoba dan miras yang dapat membahayakan perjalanan saat mudik.

 

"Diharapkan dengan adanya tes ini tidak ada sopir yang menggunakan narkoba dan proses perjalanan mudik tahun ini berjalan dengan lancar," harap Zakiyah. (rusdy nurdiansyah)