Puncak Arus Mudik di DIY Diperkirakan 2 dan 3 Juli

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Andi Nur Aminah

Kamis 23 Jun 2016 21:19 WIB

Arus Mudik Lebaran (ilustrasi) Foto: Republika/ Yasin Habibi Arus Mudik Lebaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Biro Operasional Polda DIY Kombes Bambang Pristiwanto mengatakan arus mudik Lebaran tahun ini di DI Yogyakarta diperkirakan pada Sabtu (2/7) Ahad (3/7). Sedangkan puncak arus balik pada Sabtu (9/7) dan Ahad (10/7).

"Pada saat puncak mudik,  kalau jalur utama masuk kota Yogyakarta penuh, maka akan dilewatkan jalur alternatif yakni di Sektor Barat, dari Purworejo menuju ke Solo lewat ringroad utara. Namun kalau tidak bisa, akan masuk ke Nanggulan keluar Tempel masuk Cangkringan lalu bablas ke Klaten," jelas Bambang pada wartawan di Kepatihan Yogyakarta, Kamis (23/6).

Selanjutnya di sektor Timur akan dialihkan dari Solo menuju Purworejo lewat ringroad selatan. Namun kalau tidak bisa, lewat jalan Daendeles lalu  keluar lewat Purworejo. Di  jalur alternatif akan disiapkan pos dan rambu tambahan supaya pemudik tidak kesasar karena jalur kelas tiga dan orang yang terbiasa mudik lewat Yogya sudah tahu jalan itu.

Menurut Bambang tanah longsor yang terjadi di Kulon Progo tidak mengganggu arus mudik. Karena berada di dalam dan  tidak  berada di sepanjang jalur utama. Posko yang disiapkan ada 33 lokasi yang menyebar di seluruh kabupaten, yang meliputi: Posyan (Pos Pelayanan) yang merupakan gabungan dengan instansi terkait termasuk kesehatan, ada rest area, ada alat derek, dan Pospam (pos pengamanan) hanya untuk pengamanan dan pemantauan.

Lebih lanjut dia mengatakan hari kedua, ketiga dan keempat Lebaran pasti tempat wisata  penuh. Antisipasinya di pos-pos obyek wisata didirikan Pospam dan lokasi wisata diamankan. Jalur keluar masuk kendaraan menuju dan dari tempat wisata akan diatur.

"Kami akan melakukan rekayasa jalan, seperti ke Kebon Binatang , Kaliurang, Pantai Selatan DIY dan sebagainya. Kalau di kota Yogyakarta padat betul akan dibikin lawan arus," jelas dia.

Petugas pengamanan yang disiapkan selama libur Lebaran sebanyak 2.640 personil dari Polri belum ditambah instansi terkait. Menurut dia, CCTV juga disiapkan di kota Yogyakarta dari Yogya Timur sampai Gamping dan luar kota seperti Parangtritis dan Kaliurang. Dia menambahkan pada Kamis (30/6) pukul 08.00 WIB akan dilakukan gelar pasukan.

Terpopuler