Ini Saat Tepat Minum Susu Selama Ramadhan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah

Kamis 23 Jun 2016 17:43 WIB

Minum Susu (ilustrasi) Foto: Republika/Amin Madani Minum Susu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Kapan sesungguhnya saat yang tepat minum susu selama bulan Ramadhan? Ahli gizi Emilia Achmadi mengungkap, ada tiga waktu yang menurut ia sesuai, yakni saat sahur, berbuka, dan sebelum tidur.

"Segelas susu segar di saat sahur memberikan asupan protein yang membantu meningkatkan tenaga selama satu hari," kata Emilia saat sesi bincang-bincang yang digelar Greenfields Indonesia di Harlow Brasserie, Jakarta, Rabu (22/6).

Perempuan yang menamatkan studi master di Oklahoma State University itu mengatakan, susu memberikan efek kenyang yang cukup panjang. Otomatis, umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa bisa lebih nyaman beraktivitas selama belasan jam menahan lapar.

Minum segelas susu hangat juga dianggap sesuai untuk berbuka. Konsumsi asupan manis dan hangat dalam porsi sedikit saat berbuka, Emilia mengatakan berfungsi kembali mengaktifkan perut untuk mengolah makanan.

Selain itu, waktu yang tepat untuk minum susu adalah sebelum tidur. Kalsium dan vitamin B kompleks dalam susu, ucap Emilia, berperan dalam relaksasi otot sehingga membuat tidur malam lebih lelap.

"Konsumsi ideal susu orang dewasa adalah tiga gelas sehari, masing-masing 200 sampai 250 cc. Kebutuhan ini perlu diperhitungkan dengan asupan harian masing-masing orang," ujarnya.

Terpopuler