Tips Atasi Sakit Kepala Saat Perokok Puasa

Rep: Aprilia Safitri Ramdhani/ Red: Indira Rezkisari

Kamis 23 Jun 2016 14:41 WIB

Larangan merokok Foto: EPA Larangan merokok

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda kerap mengantuk, bahkan sakit kepala sakit berpuasa? Spesialis penyakit dalam RS Siloam Kebon Jeruk dr Epistel P. Simatupang SpPd-KGEH, mengatakan sakit kepala sering datang akibat berhentinya kebiasaan konsumsi rokok. Kebiasaan yang berubah inilah yang kemudian dapat menyebabkan sakit kepala yang memicu gula darah rendah.

"Zat nikotin yang dihisap saat merokok bisa memicu sakit kepala pada saat perut kosong. Cara mengatasinya sebenarnya mudah, hanya dengan menghindari rokok, tidur cukup di malam hari, 6-8 jam. Serta pastikan tubuh selalu tercukupi  asupan gizi seimbangnya seperti, karbohidrat, buah, sayur, protein, daging dan jangan lupa untuk minum air putih 8-10 gelas sesudah buka puasa,  "jelas dia.

Kiat mengonsumsi air putih yang benar ketika puasa sebaiknya jangan sewaktu makan, minimal 1 jam setelah makan, kemudian tidur cukup untuk mengembalikan stamina. Kebiasaan berolahraga juga sebaiknya tetap dijalankan secukupnya, namun upayakan untuk dilakukan pada sore hari.

Dengan asupan gizi yang seimbang, puasa bisa menjadi salah satu bentuk terapi kesehatan. Puasa dapat membuat metabolisme tubuh stabil dan sehat.

"Untuk itu, agar puasa dapat berjalan lancar tanpa kendala penyakit apapun maka disinilah pentingnya memenuhi kebutuhan gizi harian kita. Tujuannya tak lain adalah agar tubuh senantiasa bugar selama puasa," tutup dia.

Terpopuler