Pemprov Jatim Siap Amankan Mudik Lebaran 2016

Rep: Binti Sholikah/ Red: Winda Destiana Putri

Rabu 22 Jun 2016 22:56 WIB

Arus mudik saat lebaran tahun lalu Arus mudik saat lebaran tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pemprov Jawa Timur siap mengerahkan semua tenaga agar mudik lebaran tahun 2016 bisa berjalan dengan lancar.

Tim pengamanan yang terdiri atas DLLAJ, tenaga kesehatan, tentara dan POLRI akan bahu-membahu agar tercipta suasana aman, lancar dan tidak ada hambatan.

Sekdaprov Jatim, Akhmad Sukardi, mengatakan, tim pengamanan mudik akan mulai standby di jalan mulai H-5 sebelum lebaran sampai H+3 setelah lebaran. Pemprov Jatim akan bekerja keras agar para pemudik bisa pulang ke kampung halaman dengan aman dan nyaman.

"Para petugas nantinya akan berjaga secara siaga ditempatkan di beberapa titik yang rawan macet," ungkapnya saat Apel Siaga dan Gelar Pasukan Pelayanan Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2016 Provinsi Jawa Timur di Frontage depan Kantor Dishub dan LLAJ Provinsi Jawa Timur, Rabu (22/6).

Untuk di jalur terminal khususnya kendaraan umum, ia mengimbau agar petugas bersikap tegas terhadap armada yang tidak layak untuk digunakan. Misalnya kendaraan yang menggunakan ban vulkanisir, ban gundul, tidak ada speedometer dan handrem serta kaca retak.

"Untuk pengusaha otobus, harap menyiapkan armada yang bagus dan pengemudi yang sehat serta menempelkan tarif resmi baik bus ekonomi dan non ekonomi sehingga dapat diketahui penumpang," imbuh Sekda.

Ia akan mengupayakan agar tercipta zero accident selama mudik lebaran berlangsung. Pemprov Jatim juga menyediakan beberapa rest area bagi para pemudik agar bisa beristirahat ketika perjalanan.

"Untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor, saya menghimbau agar terus berhati-hati di jalan," imbuhnya.

Terpopuler