Mudik ke Sumatra Via Jalur Darat Kini Bisa Lewat Pelabuhan Tanjung Priok

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya

Rabu 22 Jun 2016 19:55 WIB

Pelabuhan Tanjung Priok Pelabuhan Tanjung Priok

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG -- Memasuki masa Angkutan Lebaran Tahun 2016, para pemudik dari Jakarta yang akan menuju Lampung atau sebaliknya kini memiliki alternatif baru tanpa harus melalui Pelabuhan Merak-Bakauheni, yang setiap tahun sering terjadi kepadatan dan kemacetan. 

Saat ini para pemudik bisa memilih jalur lain yaitu melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju Pelabuhan Panjang Lampung (PP). Pengoperasian pelayaran perdana yang akan melayani trayek Pelabuhan Panjang Lampung-Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta telah resmi diluncurkan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A Tonny Budion di Pelabuhan Panjang, Lampung, Rabu (22/6).

Tonny mengatakan, pelayaran rute Panjang-Tanjung Priok tersebut dioperasikan PT Atosim Lampung Pelayaran yang akan dilayani oleh tiga kapal RoRo yaitu KM Mutiara Sentosa II, KM Mutiara Sentosa III dan KM Mutiara Timur I, dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih delapan jam. 

Ia menyampaikan, pengoperasian kapal RoRo ini dilaksanakan dalam rangka mensukseskan program Tol Laut dan Short Sea Shipping pemerintah yang diharapkan mampu menjadi solusi dalam penanganan permasalahan kepadatan jalur transportasi darat khususnya di Pantura dan lintas timur Sumatra sehingga dapat menekan waktu perjalanan dan efisiensi biaya, menurunkan biaya logistik, serta dapat mengurangi beban jalan raya yang semakin tinggi.

"Jika kapal yang beroperasi itu tetap dan berjadwal, maka ada atau tidak ada muatan dan penumpang, kapal harus tetap berangkat sehingga akan semakin memperlancar arus barang dan penumpang di Indonesia," ujarnya dalam siaran persnya, Rabu (22/6).

Pembukaan rute baru ini disambut baik oleh para pengusaha dan masyarakat pengguna jasa transportasi karena mereka akan dapat melakukan penghematan baik dari segi biaya maupun waktu.

Keuntungan lainnya, ia katakan, masyarakat dapat berpergian dengan nyaman dan aman karena kapal dalam kondisi bagus dan laik operasi, serta dapat terhindar dari kemacetan dan kepadatan di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni.

Terpopuler