Yayasan Baitul Maal BRI Meriahkan Ramadhan dengan Gelar Bazar

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 22 Jun 2016 14:36 WIB

YBM BRI. Foto: ybm-bri.or.id YBM BRI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) turut memeriahkan momen Ramadhan dengan menggelar Bazar Ramadhan. Manager Program YBM BRI Deden Kuswanda mengatakan bazar Ramadhan ini diadakan di seluruh cabang wilayah YBM BRI.

“Bazar Ramadhan merupakan program baru dan unggulan di bulan Ramadhan kali ini,” ungkap Deden Kuswanda kepada Republika, Selasa (21/6).

Menurut Deden Kuswanda, program ini mengakomodasi para pedagang binaan YBM BRI untuk memperkenalkan dan menjual hasil produksi mereka baik berupa barang kerajinan maupun aneka kuliner berbuka puasa.

Bazar yang dilakukan selama kurang lebih dua minggu ini mengikutsertakan sebanyak 20 pedagang binaan di masing-masing wilayah. Bazar sendiri diselenggarakan di 20 titik cabang wilayah YBM BRI.

Tahun ini, Deden Kuswanda mengungkapkan, YBM BRI akan menyalurkan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) sebesar Rp 6,2 milyar selama Ramadhan. Dana ini disalurkan melalui berbagai kegiatan diantaranya pemberian santunan untuk anak yatim dan lansia yang Sudah berjalan sejak awal Ramadhan.  Setidaknya, YBM BRI menyediakan 5500 paket kado lebaran yang dibagikan untuk anak yatim dan lansia.

“Kado lebaran untuk anak yatim berupa berupa paket alat tulis serta baju kokok untuk anak laki-laki dan mukena untuk anak perempuan. Sementara, para lansia diberikan santunan dana dan paket sembako yang totalnya mencapai Rp 500 ribu per lansia,” ungkap Deden.

Tak hanya program yang bersifat amal, YBM BRI juga memiliki sejumlah program jangka panjang dalam rangka membangun kemandirian masyarakat baik komunitas maupun per orangan.

Program jangka panjang ini juga kebanyakan berupa pemberian modal untuk membantu masyarakat menjalankan sebuah usaha.

Program jangka panjang tersebut diantaranya program berbasis komunitas yaitu Klaster Usaha Unggulan Rakyat. Adapula program Peningkatan pendapatan Keluarga yang berbasis kepada ibu-ibu berupa pemberian batuan modal usaha. Serta, program pemberian pelatihan kerja. Untuk tahun ini saja, ada sekitar 40 sampai 50 orang dan komunitas yang dibina di setiap wilayah cabang YBM BRI.

Terpopuler