Selama Ramadhan, Anak-anak Butuh Asupan Gizi Lebih Baik

Red: M Akbar

Selasa 21 Jun 2016 23:34 WIB

Kampanye edukasi gizi selama Ramadhan yang dilakukan Foodbank of Indonesia bersama Askrindo Foto: istimewa Kampanye edukasi gizi selama Ramadhan yang dilakukan Foodbank of Indonesia bersama Askrindo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan Ramadhan, asupan gizi buat anak-anak harus menjadi perhatian serius. Hal ini diperlukan karena anak-anak sedang mengalami masa pertumbuhan dan umumnya memiliki aktivitas bergerak yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Foodbank of Indonesia (FOI), Hendro Utomo. Ia mengatakan intervensi pangan dan edukasi gizi ini sangat dibutuhkan, terutama kepada lingkungan keluarga yang hidup dalam kondisi prasejahtera.

''Anak-anak itu biasanya lebih banyak bergerak dibandingkan orang dewasa dan mereka juga sedang dalam masa pertumbuhan terlebih di bulan puasa ini. Untuk itu mereka membutuhkan lebih banyak asupan gizi dan energi,'' katanya di Jakarta, Selasa (21/6).

Penegasan dari Hendro ini disampaikan di sela-sela kegiatan buka puasa bersama dengan 500 anak prasejahtera di kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara yang dilakukan bersama dengan PT Askrindo (Persero). Hendro menjelaskan lokasi ini dipilih karena menjadi kawasan pendampingan dari FOI dalam implementasi program Mentari Bangsaku.

''Pada keluarga prasejahtera, intervensi pangan dan edukasi gizi ini diharapkan dapat membantu mereka memiliki kualitas hidup yang lebih baik,'' ujarnya.

 

Hendro menyadari keadaan keluarga yang yang berada di wilayah Kalibaru, Cilincing, ini umumnya tergolong ke dalam kelompok prasejahtera. Ia berharap dengan adanya kegiatan semacam ini akan bisa membantu pemenuhuan gizi sekaligus edukasi kepada anak-anak di Cilincing.

Sekretaris Perusahaan Askrindo, Kurmansyah, menjelaskan selama Ramadhan ini pihaknya melakukan sejumlah kegiatan amal semacam ini. Selain kegiatan bersama FOI, kata dia, pihaknya juga melakukan kegiatan seperti pembagian takjil per hari 150 paket, safari Ramadhan ke masjid dan mushola, mudik gratis, serta buka puasa bersama.

''Askrindo juga akan mengadakan Pasar Murah Ramadhan BUMN di 10 kabupaten di Indonesia yaitu Boalemo, Bone Bolango, Pohuwato, Gorontalo Utara, Nganjuk, Banjar, Kutai, Bulungan, Kota Mobagu dan Gowa dalam upaya memberikan sembako berkualitas kepada masyarakat di Bulan,'' jelas Kurmansyah.