Malam ini Masjid Agung Sunda Kelapa Gelar Iktikaf Nuzulul Quran

Red: Irwan Kelana

Selasa 21 Jun 2016 15:53 WIB

Suasana i'tikaf Ramadhan 1436 H (tahun lalu)  di MASK. Foto: Irwan Kelana/Republika Suasana i'tikaf Ramadhan 1436 H (tahun lalu) di MASK.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng Jakarta Pusat, malam  ini (Selasa malam) menggelar iktikaf Nuzulul Qur’an Ramadhan 1437 H. “Iktikaf tersebut digelar sejak ba’da Tarawih hingga shalat Shubuh Rabu dini hari besok,” kata Ketua  Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) H M Aksa Mahmud kepada Republika, Selasa (21/6).

Aksa menambahkan, iktikaf Nuzulul Quran yang dipegang oleh Paguyuban Mualaf Masjid Sunda Kelapa itu akan diisi dengan dua kali ceramah, dilanjutkan  qiyamullail berjamaah. Ceramah pertama pukul 22.30 hingga 24.00 akan disampaikan  oleh Ustadz Nur Alam Bakhtir.

 

Sedangkan ceramah kedua, kata Aksa, pukul 01.00-02.00 akan diberikan oleh Ustadz Ahmad Kainama. Dia seorang tokoh mualaf  yang menjadi da’i. “Qiyamullail  dimulai pukul 02.00 dan akan dipimpin imam dari Madinah, yakni Syekh Essam Al-Megjazi,” tutur Aksa Mahmud.

Seusai qiyamullail, para jamaah bisa menikmati makan sahur yang telah disediakan oleh Dewan Pengurus MASK. “Sejak awal Ramadhan MASK menyediakan hidangan makan sahur untuk para jamaah yang beriktikaf di MASK,” kata Aksa.

Secara resmi qiyamullail di MASK digelar pada malam Nuzulul Quran (malam ke-17 Ramadhan) dan malam ke-21 hingga ke-29 atau ke-30. “Qiyamullail malam tanggal 21 Ramadhan hingga 29 atau 30 Ramadhan dipimpin secara bergantian  oleh dua orang imam dari Madinah, yakni  Syekh Essam Al Megjazi  dan Syekh  Abdul Aziz Al Arifi," ungkap Aksa Mahmud.

Terpopuler